Mahasiswa Unand Juarai Pilmapres Nasional 2021

Metro-394 hit 10-09-2021 13:24
Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand) yang raih juara pertama Pilmapres nasional 2021. (Dok : Istimewa)
Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand) yang raih juara pertama Pilmapres nasional 2021. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Luar biasa, itulah kata yang pantas disematkan bagi Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand).

Dia mengukir sejarah bagi kampusnya dengan menjadi pemenang pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Sarjana Nasional 2021 yang berlangsung pada 7-9 September 2021 kemarin.

Prestasi ini adalah yang pertama kali dicapai Unand sejak ikuti ajang Pilmapres pertama pada 1986 lalu. Capaian ini sekaligus melengkapi hadiah ulang tahun Unand yang ke-65 pada Lustrum XIII Unand.

Baca Juga

Wakil Rektor (WR) III Unand Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Insannul Kamil, mengatakan capain ini adalah sejarah bagi Unand, karena untuk pertama kalinya perwakilan Unand meraih prestasi tertinggi mahasiswa tingkat nasional.

"Unand beberapa kali masuk final Pilmapres, tapi tidak pernah juara. Tahun ini kami lakukan evaluasi, semua perlombaan tingkat nasional langsung dikoordinir bidang kemahasiswaan universitas, kami bentuk tim pendamping, Alhamdulilah, hasilnya Unand langsung juara satu," ujar Wakil Rektor III Unand ini.

Pada Pilmapres 2021 ini, Refa berhasil keluar sebagai pemenang pertama dengan menyisihkan 642 peserta dari seluruh Indonesia.

Mengusung tema Gagasan Kreatif dengan fokus pemanfaatan gambir sebagai obat kanker paru, Refa yang sejak tahun 2018 memenangi 53 perlombaan tingkat internasional dan nasional berhasil memukau para juri.

"Para juri sangat tertarik dengan gagasan kreatif dan deskripsi diri yang saya paparkan," ujar Refa sesaat setelah babak final.

Perwakilan Unand pada Pilmapres tahun 2021 ini didampingi oleh tim yang diketuai oleh Wakil Dekan III Fisip Unand, Haiyyu Darman Moenir.

Tim pendamping ini mempersiapkan Refa mulai dari persiapan naskah hingga diskusi-diskusi di babak final.

"Kami dari tim pendamping bekerja all out untuk memenangkan Refa, semua kebutuhan Refa kami fasilitasi, pertama kalinya motode ini kami terapkan," ujar Haiyyu Darman Moenir.

Ajang Pilmapres ini merupakan perlombaan mahasiswa berprestasi yang mempertemukan mahasiswa terbaik se Indonesia yang diukur dari berbagai bidang capaian, baik itu prestasi akademik dan non akademik, organisasi, penghargaan dan publikasi, serta keterlibatan dalam masyarakat.

"Capaian ini melengkapi kebahagian Unand yang baru saja disahkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) ke-13 di Indonesia," kata Haiyyu Darman Moenir.

Komentar