25 Pemilik Rumah di Dharmasraya Dapat Serbutab

Metro-200 hit 21-09-2021 20:41
Penyerahan buku tabungan dari BNI kepada penerima bantuan bedah rumah di Dharmasraya yang merupakan aspirasi dari Andre Rosiade, Senin (20/9). (Dok : Istimewa)
Penyerahan buku tabungan dari BNI kepada penerima bantuan bedah rumah di Dharmasraya yang merupakan aspirasi dari Andre Rosiade, Senin (20/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Dharmasraya, Arunala - Sebanyak 25 orang pemilik rumah tidak layak huni, di Kabupaten Dharmasraya terlihat sumringah, ketika mereka mendapatkan bantuan buku tabungan (Serbutab) dari Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade, Senin (20/9) kemarin.

Bantuan yang mereka terima berupa program bedah rumah BSPS (bantuan stimulan perumahan swadaya) yang menjadikan rumah mereka jadi layak huni lagi.

Penyerahan Serbutab itu dilaksanakan di aula Kantor Wali Nagari Sialang Gaung, yang juga turut dihadiri wali nagari setempat Sahrial dan ketua DPC Gerindra Dharmasraya, Rosandi Sanjaya, dan pihak lainnya.

Baca Juga

Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Dharmasraya, Juna Sumawan mengatakan, program ini merupakan aspirasi Andre Rosiade selaku anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra.

Penerima Program ini adalah masyarakat yang telah lolos verifikasi dari dinas terkait.

"Tahun 2021, Dharmasraya mendapat 25 rumah, dan semoga bisa bertambah tahun depan," ujar Juna.

Katanya, bantuan bedah rumah ini tersebar di Nagari Tebing Tinggi, Siguntur, Sitiung, Sungai Duo, Koto Padang, Tiumang, Koto Baru, dan Sialang Gaung.

"Kami bersama tim Kementerian telah memastikan rumah-rumah yang akan dibedah sangat layak," kata staf Andre Rosiade di Dharmasraya itu.

Wasmi mewakili penerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade atas kebaikan beliau yang telah memperjuangkan bantuan ini.

"Beliau waktu kampanye hadir di nagari kami. Alhamdulillah setelah duduk tidak melupakan kami," ujar Wasmi.

PPK Rumah Swadaya Satker Penyediaan Perumahan Sumbar, Mardianto mengatakan, Serbutab atau serah terima buku tabungan adalah langkah awal dimulainya pekerjaan rehab rumah. Dia mengakui, program di Sumbar ini adalah bagian dari aspirasi dari anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade.

"Pak Andre Rosiade dengan serius memperjuangkan programnya untuk Sumbar. Selain itu, pesan Pak Menteri di tengah pandemi, kami masih bisa memberikan program adalah sesuatu yang berkah. Tentu ini adalah campur tangan Allah," katanya.

Mardianto ingin, rumah yang dibantu ini selesai dan bisa dihuni.

"Jangan sampai rumah dibedah malah yang punya ngontrak karena tak tuntas. Kami akan kawal dari pembelian bahan material sampai tuntas. Utamakan tukang setempat, bukan tukang dari luar," katanya.

Sementara itu, Andre Rosiade berterima kasih atas bantuan semua pihak yang membuat program ini sampai ke masyarakat. Baik itu dari kementerian, dinas kabupaten, sampai tim survei dan juga pihak bank.

"Kami akan terus memperjuangkan program-program yang bisa menyentuh langsung masyarakat seperti ini," kata Andre Rosiade yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (*)

Komentar