Majelis Sebut Surat Kuasa Pemohon Kedaluarsa

Metro-64 hit 06-10-2021 19:42
Sidang sengketa informasi dengan kuasa termohon Daniel Sutan Makmur di KI Sumbar, Rabu siang (6/10). (Dok : Istimewa)
Sidang sengketa informasi dengan kuasa termohon Daniel Sutan Makmur di KI Sumbar, Rabu siang (6/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Proses sidang sengketa informasi antara pemohonIrfan Suwandi bersama kuasanya Daniel St Makmur denganPPID utama Pemko Padang, yang digelar Rabu siang (6/10), terpaksa diskor majelis sidang.

Pasalnya, majelis sidangmenilai surat kuasa yang dimiliki kuasa pemohon tidak memenuhi legal standing.

Diskornya sidang sengketa itu terlihat dalam persidangan yang mengagendakan pemeriksaan awal dari permohonan sengketa informasi terkait surat kematian atas nama Syamsu Amar yang di ditandatangi Lurah Korong Gadang, di ruang sidang KI Sumbar, Rabu siang (6/10).

Baca Juga

Anggota majelis sidang dari KI Sumbar, Arif Yurmardi mengatakan, pihaknya menilai surat kuasa dimiliki Danil Sutan Makmur legal standing tidak terpenuhi.

"Surat kuasa sah, dan pemohon dinilai tidak memiliki etikat baik. Seolah mencari celah di komisi informasi," ujar Arief Yurmardi.

Sidang dipimpin Nofal Wiska juga mengatakan hal yang sama, dan menyebutkan surat kuasa dari pemohon tidak terpenuhi legal stabding, dan sudah kedaluarsa.

"Kami majalis bisa saja menggugurkan permohonan pemohon yang terigister nomor sengketa 20/VIII/KSIB/PS/ 2021 ini, kalau tidak ada kejelasan dari pemohon," ujar Nofal Wiska tegas.

Di sisi lain, adapun permohonan informasi adalah salinan resmi surat keterangan ahli waris almarhum Ayamsu Amar yang dikeluarkan oleh Lurah Korong Gadang.

Salinan surat resmi keterangan kematian dikeluarkan Lurah Korong Gadang atas meninggalnya Syamsu Amar. Rincian alasan hokum.

Penghitaman semua informasi data yang telah dilakukan oleh Lurah Korong Gadang sebagaimana berita acara serah terima berkas 20 Mei 2021 lalu antara Lurah Korong Gadang dengan Daniel Sutan Makmur selaku kuasa pemohon informasi. (*)

Komentar