IKIP Nasional 2021 Capai Angka 71,37 Poin

Metro-13 hit 17-09-2021 17:26
Ketua Komisi Informasi Pusat I Gede Narayana didampingi Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi KI Pusat Romanus Ndau Lendong saat merilis IKIP di Indonesia, di Tangerang, Banten, Jumat (17/9). (Dok : Istimewa)
Ketua Komisi Informasi Pusat I Gede Narayana didampingi Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi KI Pusat Romanus Ndau Lendong saat merilis IKIP di Indonesia, di Tangerang, Banten, Jumat (17/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Tangerang, Arunala -- Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana menyebutkan secara nasional Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2021 sebesar 71,37 poin.

Hasil itu didapat setelah KI pusat dan 34 KI provinsi merilis hasil analisis rekapitulasi nilai IKIP 2021 yang dilakukan ratusan Informan Ahli Pusat dan Informan Ahli daerah dan juga Pokja (Kelompok Kerja) KI Pusat dan KI provinsi dalam kegiatan Forum Dewan Penyelia Nasional (NAC Forum/National Assesment Council ), Tangerang, Banten, Jumat (17/9).

"Gambaran nyata keterbuaan informasi publik di pentas global bisa di lihat dari angka rata-rata IKIP bersumber dari angka IKIP se Indonesia.Kenyataannya angka itu menunjukkan 71,37 poin," kata Gede Narayana dalam kegiatan itu.

Baca Juga

Gede Narayana menjelaskan persiapan dan pelaksanaan IKIP 2021 yang berlangsung selama satu tahun itu telah berhasil menetapkan IKIP secara nasional untuk pertama kalinya sejak 10 tahun pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di tanah air.

Di sampaikan Gede dengan adanya hasil IKIP Nasional 202I maka dapat diketahui secara jelas mengenai tingkat keberhasilan pelaksanaan Undang-Undang 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"IKIP Nasional 2021 sebesar 71,37 menunjukkan hasil pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik di tanah air berada pada kondisi sedang," ujarnya.

Menurutnya, nilai IKIP Nasional merupakan hasil analisis dari penilaian 312 Informan Ahli (IA) 34 Provinsi yang memberikan indeks 72,60 dan hasil penilaian 17 IA nasional yang memberikan indeks 68,54, penilaian IKIP Nasional 2021 merupakan gambaran pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik selama tahun 2020 dari bulan Januari hingga Desember.

Gede Narayana melanjutkan, dengan adanya nilai IKIP 2021 dapat memudahkan bagi stakeholder dalam mengevaluasi pelaksanaan UU KIP yang telah dijalankan oleh Badan Publik maupun masyarakat pengguna Informasi Publik.

Selain itu, nilai IKIP 2021 ini dapat menjadi catatan dan rekam jejak dalam proses pengawalan keterbukaan informasi publik di Indonesia serta akan menjadi penguatan terhadap tantangan atau hambatan dalam pelaksanaan UU KIP itu sendiri," katanya.

Sementara itu, dari 34 provinsi se Indonesia ternyata IKIP Sumbar juga berada di posisi sedang.

"Sumbar berada di posisi sedang, dan itu menunjukan IKIP Sumbar masih di bawah rata-rata nasional. Ini jadi PR bagi KI Sumbar untuk menggenjot IKIP 2022 mendatang," ujar Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska.

Komentar