Sawahlunto Siapkan Dua Tempat untuk Karantina

Metro-143 hit 21-04-2020 13:15
Foto : Wali Kota Sawahlunto Deri Asta
Foto : Wali Kota Sawahlunto Deri Asta

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Sawahlunto, Arunala - Pemerintah Kota Sawahlunto menyiapkan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) untuk tempat isolasi mandiri dalam mencegah penyebaran virus Corona di kota itu.

"Pemko Sawahlunto sudah mendapatkan izin menggunakan Balai Diklat dijadikan sebagai lokasi isolasi mandiri," kata Walikota Sawahlunto, Deri Asta ketika dihubungi Arunala.com dari Padang, Selasa (21/4).

Menurut dia, Balai Diklat tersebut milik Kementerian ESDM yang berada di Kota Sawahlunto. Balai Diklat tersebut tersedia 40 kamar dengan sarana dan prasarana untuk isolasi mandiri.

Baca Juga

Tidak dapat dipungkiri, terang Deri Asta, perantau sekarang sudah banyak masuk ke Sumbar terutama ke Sawahlunto. Untuk itulah Pemko Sawahlunto menyiapkan lokasi isolasi mandiri selama 14 hari guna mencegah penyebaran virus Corona.

"Nantinya Dinkes Sawahlunto akan melakukan pengecekan kesehatan warga yang isolasi mandiri di sana," jelas Deri Asta lagi.

Dia menyebut, selain itu, Pemko Sawahlunto juga siapkan sanggar kegiatan belajar.

"Disamping itu, juga berencana pakai gedung sekolah untuk isolasi mandiri," ujar dia.

Untuk makan bagi masyarakat yang dikarantina, lanjut Deri Asta, disediakan oleh Pemko Sawahlunto.

"Kecuali bagi masyarakat yang menandatangani isolasi mandiri di rumah tapi kedapatan berkeliaran kita lakukan karantina paksa dengan makan ditanggung pihak keluarga. Ini konsep dan diterapkan di Kota Sawahlunto," tegas Deri Asta.

Komentar