Memperingati jangan Hanya Ritual Tahunan Saja

Metro-24 hit 02-10-2021 21:24
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Alirman Sori. (Dok : Istimewa)
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Alirman Sori. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Tanggal 1 Oktober (Jumat, red) kemarin, Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) memperingati Hari Jadi Provinsi (HJP) Sumbar ke-76 tahun.

Terkait peringatan itu, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Alirman Sori mengajak seluruh masyarakat Sumbar agar mengenang dan memperingati HJP itu tiap tahunnya.

"Dengan begitu, masyarakat Sumbar bisa menjiwai makna perjuangan yang terkandung dalam sejarah panjang terbentuknya Pemprov Sumbar ini," kata Alirman Sori, Sabtu (2/10).

Baca Juga

Dia menyebut, hari jadi Pemprov Sumbar ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2019, dan menetapkan tanggal 1 Oktober 1945 ditetapkan sebagai titik awal terbentuknya Sumbar.

"Penetapan hari jadi suatu daerah, ada momen perjuangan yang melatarinya sehingga peringatannya pun hendaknya dijiwai oleh seluruh masyarakat di daerah itu," kata Alirman Sori lagi.

Momentum peringatan hari lahir daerah, lanjutnya, hendaknya dijadikan sebagai titik evaluasi menyeluruh terhadap apa yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam mewujudkan tujuan akhir dari pembangunan yaitu kesejahteraan masyarakat.

"Jangan nanti hanya menjadi "ritual tahunan" yang bersifat seremonial. Namun harus dimaknai sebagai pemantik perubahan ke arah yang lebih baik," ucapnya.

Agar gezah selebrasi lebih meriah dan bermakna, Alirman Sori sarankan agar ke depan Pemprov Sumbar melakukan kolaborasi dengan seluruh kabupaten dan kota.

Menampilkan ragam budaya daerah, kekayaan seni dan adat tradisi sehingga menimbulkan kesan lebih mendalam untuk menanamkan rasa cinta daerah sebagai bagian dan satu kesatuan dalam keanekaragaman NKRI.

"Kalau kondisi saat ini kita memaklumi karena situasi pandemi. Namun ke depan, ketika kondisi sudah kembali normal, ayo berkolaborasi, menampilkan kekayaan seni budaya seluruh kabupaten dan kota, dibungkus dalam satu momen peringatan hari jadi provinsi. Sungguh akan luar biasa memberikan dampak kecintaan masyarakat kepada daerahnya," papar Alirman Sori.

Kemudian, lanjutnya, untuk lebih mendalami makna dan latar belakang sejarah, ke depan di setiap akan diselenggarakannya peringatan HJP, diadakan lokakarya atau seminar.

Membahas dan mendalami perjalanan sejarah hingga terbentuknya Provinsi Sumbar. Termasuk juga kajian-kajian mengenai berbagai potensi daerah di seluruh sektor serta menggali langkah-langkah strategis ke depan untuk mewujudkan kemajuan Sumbar.

Dia menegaskan, kemajuan daerah sangat menentukan kekuatan sebuah bangsa. Negara yang kuat terwujud dari kemajuan yang dicapai oleh daerah provinsi dan kabupaten kota.

Di akhir penjelasannya, Alirman Sori tidak lupa mengucapkan selamat hari jadi Provinsi Sumatera Barat ke-76.

"Semoga cita-cita Sumbar Madani, Maju dan Sejahtera Berbasis SDM yang Agamais dapat diwujudkan," katanya. (*)

Komentar