Iman Satria Ketua IKB Alumni UBH Hasil Mubes VII

Metro- 22-10-2021 19:26
Ketua Umum DPP IKB Alumni UBH Padang yang baru, Iman Satria saat menerima Pataka alumni saat pelantikan dan pengukuhan, Jumat sore (22/10). (Foto : Arzil)
Ketua Umum DPP IKB Alumni UBH Padang yang baru, Iman Satria saat menerima Pataka alumni saat pelantikan dan pengukuhan, Jumat sore (22/10). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas (UBH), periode 2021-2026 resmi dilantik dan dikukuhkan, Jumat sore (22/10).

Acara pelantikan dan pengukuhan yang dilakukan pada salah satu hotel di Padang ini dihadiri putri kandung Bung Hatta yakni Mutia Farida Hatta secara luring, Wakil Rektor III UBH Padang, Dr Hidayat, ST, MT, IPM, Wakil Rektor III Unand, Ir. Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D, dan beberapa undangan lainnya.

Terbentuknya kepengurusan ini berangkat dari hasil Mubes VII IKB Alumni UBH pada 19 September lalu dengan Ketua Umum DPP, Iman Satria, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP, R Irwandi SE, dan Bendahara umum DPP, Lolly SH.

Baca Juga

Mutia Farida Hatta dalam sambutannya meminta para alumni UBH harus aktif dan adaptif, serta perlu mendorong pemersatu bangsa.

"Jangan sampai hilang akar budaya sendiri. Dan bisa jadi tuan di negeri sendiri. Ini lah yang sering diucapkan bapak Proklamator Bung Hatta di setiap pidatonya," kata Mutia Hatta.

Hal penting lainnya disampaikan Mutia Hatta yakni soal pemikiran Bung Hatta yang menginginkan agar pemuda bisa menjadi keutuhan negara ini, jangan sampai terpecah belah.

Terakhir Mutia ucapkan selamat kepada kepengurusan IKB Alumni UBH Padang periode 2021-2026 yang baru dilantik dan dikukuhkan hari itu.

Ketua Umum DPP IKB Alumni Universitas Bung Hatta (UBH) terpilih, Iman Satria mengatakan dirinya sangat berharap organisasi alumni yang dipimpinnya saat ini bisa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Terus terang untuk bisa tumbuh dan berkembang jelas membutuh semangat, kerjasama dan ketulusan dalam mengurus alumni ini. Pasalnya potensi alumni UBH cukup besar yakni hampir mencapai 60 ribu orang, tentunya ini sebuah kekuatan yang perlu dioptimalkan," kata Iman Satria.

Dia juga sedikit merinci program kerja pertama dari IKB Alumni UBH yang dipimpinnya adalah membuat data base para alumni.

"Selanjutnya akan mensinergikan keberadaan alumni tiap angkatan, sehingga ada connecting antar angkatan tersebut, dan ini menjadikan program-program yang dibuat pengurus IKB Alumni UBH bisa dijalankan," tutur Iman Satria.

Hal lain disampaikan Iman Satria, bila kepengurusan IKB Alumni UBH Padang hasil Mubes VII pada 19 September lalu, sudah didaftarkan ke Kemenkumham untuk legalitasnya.

Wakil Rektor III UBH, Hidayat menyampaikan jumlah alumni UBH cukup banyak, mencapai 53 ribuan lebih alumni yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia dan memilik berbagai macam profesi.

"Ini merupakan potensi besar bagi UBH kalau jumlah kekuatan itu disatukan," kata Hidayat.

Dia mengakui peran alumni cukup besar bagi perkembangan almamater dan kampus tempat mereka kuliah dulunya.

"Soalnya alumni merupakan etalase bagi kampusnya (perguruan tinggi). Jika keberadaan alumni besar, itu artinya pihak kampus (perguruan tinggi) berhasil dalam melahirkan banyak lulusan yang sukses," katanya.

Menyinggung konsep kampus merdeka, Hidayat menekankan peran alumni adalah mensupport proses perkuliahan di perguruan tinggi.

"Sharing pengalaman kerja, atau beri ruang bagi praktek bagi adik-adiknya," ujar Hidayat.

Komentar