Ketua DPRD: Tetap Jaga Keutuhan NKRI

Metro- 17-08-2021 13:51
Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto bersama Forkopimda setempat pada peringatan HUT RI ke-76, Selasa (17/8). (Dok : Istimewa)
Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto bersama Forkopimda setempat pada peringatan HUT RI ke-76, Selasa (17/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: anto

Dharmasraya, Arunala - Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto menyebutkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan adalah hal wajib dilaksanakan tiap tahun oleh Pemkab Dharmasraya.

Hal ini disampaikan Pariyanto kepada wartawan seusai mengikuti Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia yang di pusatkan di Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (17/8).

"Peringatan ini tujuannya untuk menggenang kembali perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan. Itu bukan hadiah dari penjajah, namun merupakan perjuangan yang tidak kenal lelah dari seluruh Bangsa Indonesia. Dengan mengorbankan banyak hal termasuk harta dan nyawa sekalipun," kata Pariyanto.

Baca Juga

Menurut dia, jika dulu bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dengan berdarah-darah, maka kini tugas anak bangsa semua adalah bagaimana mengisi dan mempertahankan kemerdekaan tersebut dengan sebenarnya-sebenarnya, karena saat ini musuh yang di hadapi bukan lagi penjajah, tapi banyal hal.

"Untuk kita semua harus mengisi kemerdekaan tersebut sesuai dengan tupoksi yang dimiliki. Tentu saja kita ingin bagaimana masyarakat atau bangsa Indonesia makin sejahtera, hidup dengan aman dan damai," lanjut Pariyanto lagi.

Dia mencontohkan, salah satunya cara mengisi kemerdekaan itu adalah dengan tetap menjaga kesatuan dan persatuan bangsa yang terbuhul dalam semanggat Bhinneka Tunggal Ika dan jangan mau dipecah belah oleh hal-hal yang tidak penting.

"Mari tetap kita jaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), " tegasnya.

Sementara itu detik-detik peringatan diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka dengan Inspektur upacara Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti secara Virtual Upacara Peringatan Ke-76. Detik-detik Proklamasi dari Istana Negara bersama Bupati dan wakil bupati, Sekkab, Forkopimda, kepala OPD dan tokoh masyarakat setempat.

Komentar