Kominfo Bukittinggi Buat Indikator Kerja Utama

Metro- 08-11-2021 13:34
KI Sumbar saat lakukan visitasi ke PPID Utama di kantor Kominfo Kota Bukittinggi, Senin (8/11). (Dok : Istimewa)
KI Sumbar saat lakukan visitasi ke PPID Utama di kantor Kominfo Kota Bukittinggi, Senin (8/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Bukittinggi, Arunala -- Sekrataris Kota (Sekko) Bukittinggi, Martias Wanto menegaskan, pemkonya komit memberikan pelayanan informasi ke masyarakat melalui bagian PPID. Selain itu, pihaknya juga melakukan inovasi dalam penyediaan data dan informasi.

Ini disampaikan Martias Wanto saat menyambut tim visitasi Komisi Informasi (KI) Sumbar ke Pemko Bukittinggi, Senin (8/11).

"Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Bukittinggi terus melakukan pembenahan untuk mempertahankan prediket informatif. Tujuannya bukan untuk penilaian, tapi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," kata Martias Wanto.

Baca Juga

Sejalan dengan komitmen itu, Martias lagi, pihak Pemko Bukittinggi juga melakukan inovasi pelayanan informasi, seperti dengan membuat data base penerima bantuan sosial yang nanti bisa diakses oleh masyarakat.

"Dengan begitu tidak lagi terjadi lagi masyarakat yang menerima secara double," ujar Martias Wanto lagi.

Sementara, Kadis Kominfo Kota Bukittinggi, Novri menjelaskan komitmen Diskominfo dalam keterbukaan Informasi Publik (KIP), yaitu dengan menjadikan Indikator Kerja Utama.

"Informasi publik menjadi Indikator Kerja Utama kami, sebagai turunan dari visi dan misi Walikota, ini menjadi energi kami dalam melaksanakan kerja kerja keterbukaan informasi," jelas Novri.

Dia menyampaikan untuk kolaborasi, pihaknya melakukan rapat rutin dengan PPID Pembantu, termasuk dalam hal integrasi data yang sudah berjalan selama ini.

Wakil Ketua KI Sumbar, Arif Yumardi mengapresiasi proses yang dilakukak Diskominfo Kota Bukittinggi itu. Arif menyebut Bukittinggi bisa menjadi percontohan PPID Utama di Sumbar, khususnya dalam membuat program kerja dalam bentuk indikator kerja.

"PPID Bukittinggi sudah memperlihatkan bagaimana fungsi PPID bisa berjalan. Harapan kami, ini tidak saja bermanfaat bagi PPID tapi juga masyarakat Kota Bukittinggi," jelas Arif Yumardi yang didampingi Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska, Anggi Pratama dan Ridho.

Untuk diketahui, PPID Utama Kota Bukittinggi merupakan salah satu dari lima PPID kabupaten dan kota yang dinilai oleh KI Sumbar dalam visitasi ini.

Komentar