Bripka Jimmy Rahmadani Edukasi Warga Bayang

Metro- 13-11-2021 16:50
BKO Ditresnarkoba Polda Sumbar, Bripka Jimmy Rahmadani berkoordinasi dengan vaksinator Puskesmas Pasar Baru, Bayang, Sabtu (12/11). (Dok : Istimewa)
BKO Ditresnarkoba Polda Sumbar, Bripka Jimmy Rahmadani berkoordinasi dengan vaksinator Puskesmas Pasar Baru, Bayang, Sabtu (12/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Ditresnarkoba Polda Sumbar menggelar sosialiasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pasar Baru Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (13/11).

Sosialiasi vaksinasi dari Ditresnarkoba Sumbar itu sebagai upaya mencapai target 70 persen hert immunity sebagai percepatan penanganan Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan hari itu diapresiasi Koordinator vaksinator Puskesmas Pasar Bayang, Hidayati kepada media di lokasi kegiatan hari itu.

Baca Juga

"Alhamdulillah, sejak adanya sosialisasi, terjadi lonjakan signifikan. Kami ucapkan terima kasih pada BKO Ditresnarkoba Polda Sumbar, Bripka Jimmy Rahmadani," ungkap Hidayati di Painan, Sabtu (13/11).

Menurutnya, sosialisasi dan ajakan vaksin pada masyarakat di Kecamatan yang dilakukan BKO Anggota Polda Sumbar itu berpengaruh besar terhadap peningkatan vaksin. Sejak sepekan terakhir, lonjakan capaian vaksin sangat tinggi.

"Secara nasional, target hert immunity 70 persen, namun hingga kini capaian Pessel masih tercatat di bawah 40 persen," kata Hidayati lagi.

Meski begitu dirinya merasa optimistis pencapaian target 70 hert immunity di Pessel bisa dicapai dengan adanya bantuan sosialisasi dari Polda Sumbar ini.

Dia berharap, agar sosialisasi ke masyarakat terus dilakukan hingga 31 Desember 2021 ini.

Saat ini, lanjutnya, kendala yang dihadapi adalah minimnya pemahaman masyarakat terkait manfaat vaksin akibat isu-isu negatif tentang vaksin.

Selain itu, faktor ekonomi, karena sebagian besar masyarakat Pessel sir, termasuk di Kecamatan Bayang adalah petani dan nelayan yang kesehariannya berada di lokasi kerja mereka.

"Kemudian kami juga berharap pada Satgas Covid-19 kabupaten agar memilah data masyarakat yang sudah divaksin sesuai alamat yang tertera di KTP," terangnya.

Pada kesempatan itu, BKO Ditresnarkoba Polda Sumbar, Bripka Jimmy Rahmadani mengatakan sejak 9 November 2021 terus menyosialisasikan dan mengajak langsung warga untuk divaksin.

Sosialisasi melibatkan pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

"Jadi, sebagai putera daerah di sini, saya mengajak warga Kecamatan Bayang dan Pessel umumnya untuk ikut melawan penyebaran dan penularan Covid-19," ujarnya.

Jimmy menyampaikan, masyarakat perlu diberi pemahaman secara langsung terkait pentingnya vaksinasi.

"Tanpa pemahaman yang baik, mereka tidak akan mau divaksin akibat gencarnya serangan isu negatif terhadap vaksin," kata Jimmy.

Komentar