Lima Kandidat Incar Posisi Ketua Umum

Metro- 25-11-2021 21:58
Gedung Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat (Sumbar), yang berdiri megah di dekat komplek Masjid Raya Sumbar. (Dok : Istimewa)
Gedung Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat (Sumbar), yang berdiri megah di dekat komplek Masjid Raya Sumbar. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat (Sumbar), bakal mengadakan musyawarah besar (Mubes) ke XII dalam waktu dekat ini.

Seiring pelaksaan Mubes ini, sudah bermunculan beberapa nama kandidat yang akan bersaing dalam pemilihan ketua umum LKAAM Sumbar yang baru.

Mulai bermunculan nama-nama kandidat untuk bursa pemilihan ketua umum LKAAM Sumbar itu, dibenarkan Wakil Sekretaris LKAAM Sumbar, Musmaizer Datuak Gamuak saat dihubungi Arunala.com , Kamis sore di Padang, (25/11).

Baca Juga

"Kapan Mubes LKAAM Sumbar ke XII kali ini akan dilaksanakan, masih menunggu kepastian rapat internal panitia Mubes. Namun yang menariknya, sudah ada beberapa nama calon yang mengapung untuk bursa pemilihan posisi ketua umum," kata Musmaizer.

Dari informasi yang dia dapat, Musmaizer menyebutkan para kandidat yang akan maju itu, bukan orang asing di dalam lingkungan LKAAM Sumbar.

"Para kandidat itu semuanya punya basic adat yang kuat dan memahami seluk beluk adat dan juga punya koneksitas dengan berbagai lembaga atau stakeholder. Intinya para kandidat itu adalah orang-orang yang punya potensi besar bagi perkembangan LKAAM Sumbar kedepan," ujar Musmaizer lagi.

Dia menuturkan, dari kandidat ketum umum LKAAM Sumbar yang akan maju pada pencalonan nanti, diketahui keikutsertaan para datuak itu ada atas kemauan sendiri dan ada pula atas usulan lisan dari utusan pengurus LKAAM kabupaten kota se Sumbar.

Berikut nama-nama kandidat yang akan maju pada pemilihan ketua umum LKAAM Sumbar di Mubes ke XII :

1. Young Hendri Dt Paduko Reno SH (Ketua bidang penyelesaian sengketa Soko dan Pusoko LKAAM Sumbar periode 2016-2021), asal Simpang Sugiran, Kabupaten Limapuluh Kota.

2. Dr M Sayuti Dt Rajo Penghulu MPd (Ketua Umum LKAAM Sumbar periode 2010 -- 2016, dan periode 2016 - 2021), asal Sipangkur Kabupaten Dharmasraya.

3. Drs Syafrizal Ucok Dt Nan Batuah, MM (Ketua 1 LKAAM Sumbar periode 2016 -- 2021, dan Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan), asal Painan, Kabupaten Pesisir Selatan..

4. Dr Fauzi Bahar Dt Nan Sati, MSI (Anggota Dewan Penyantun LKAAM Sumbar periode 2016-2021) asal Koto Tangah - Kota Padang.

5. Budiman Dt Malano Garang, SAg, MM (anggota Biro Pengkajian, Penelitian Adat, Syara' dan Perundang-undangan LKAAM Sumbar periode 2016-2021), asal Batu Basa Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanahdatar.

Komentar