LAI dan Angkasa Pura II Tempuh Adjudikasi

Metro- 22-10-2021 14:19
Proses sidang adjudikasi antara LAI dengan PT Angkasa Pura di KI Sumbar, Jumat (22/10).(Dok : Istimewa)
Proses sidang adjudikasi antara LAI dengan PT Angkasa Pura di KI Sumbar, Jumat (22/10).(Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sengketa informasi publik antara LSM Leon Agusta Indonesia (LAI) dengan PT Angkasa Pura II (Persero) berlanjut ke sidang Adjudikasi.

Pasalnya, mediasi yang ditawarkan majelis Komisioner Komisi informasi (KI), pada persidangan, Jumat (22/10) berlangsung tanpa kesepakatan.

Majelis Komisioner Sidang sengketa informasi ini dipimpin Arif Yumardi sebagai ketua, dengan anggota Adrian Tuswandi dan Tanti Endang Lestari.

Baca Juga

"Setelah kami coba melakukan memediasi, ternyata tidak ada titik temu baik dari pihak LAI selaku pemohon maupun pihak PT Angkasa Pura sebagai termohon. Informasi yang dimintakan oleh pihak LAI, tidak bisa dipenuhi oleh pihak PT Angkasa Pura," ujar Adrian Tuswandi, Komisioner KI Sumbar yang dipercaya memediatori sengketa dua belah pihak ini.

Karena tidak ada kesepakatan, lanjut Adrian, maka bisa dinyatakan mediasi gagal dan sengketa informasi ini dilanjutkan ke sidang adjudikasi.

"Mengacu pada Undang Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi, bahwa apabila mediasi yang difasilitasi oleh komisioner komisi informasi gagal, maka sengketa dilanjutkan ke sidang adjudikasi," jelas Adrian.

Seperti diketahui, sengketa ini berawal dari keinginan LSM LAI meminta informasi terkait penyaluran dana Corporate Social Responsibity (CSR) pada PT Angkasa Pura II yang notabene adalah badan publik.

Sesuai ketentuan, LAI telah menyurati pihak PT Angkasa Pura II, namun informasi soal CSR perusahaan BUMN tersebut berikut penerima CSR nya tak kunjung didapat.

Karena itu, LAI menggunakan haknya dengan mengajukan permohonan sengketa informasi ke Komisi Informasi Sumbar. (*)

Komentar