POGI Dorong Ibu Hamil dan Menyusui Ikuti Vaksinasi

Metro- 04-12-2021 17:02
Ketua POGI Sumbar, Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM menyerahkan cinderamata kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat Gebyar Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui di Auditorium UNP, Sabtu (4/12). (Foto : Fajril)
Ketua POGI Sumbar, Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM menyerahkan cinderamata kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat Gebyar Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui di Auditorium UNP, Sabtu (4/12). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumbar terus mendorong para ibu hamil dan menyusui di Sumbar mengikuti vaksinasi Covid-19.

Pasalnya, capaian program vaksinasi untuk pencegahan penularan virus korona bagi ibu hamil dan menyusui masih rendah. Yakni ratusan orang dari total sasaran 20 ribuan orang.

"Cakupan vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui di Sumbar lebih kurang 20 ribu lebih, sekarang baru ratusan. Ini yang harus kita kejar. Jika target tersebut tercapai, dapat menaikkan cakupan vaksinasi secara umum di Sumbar," kata Ketua POGI Sumbar, Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM, saat Gebyar Vaksinasi Bagi Ibu Hamil dan Menyusui di Auditorium UNP, Sabtu (4/12).

Baca Juga

Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP Dr M Djamil Padang ini mengatakan ibu hamil dan menyusui merupakan kelompok yang berisiko terpapar virus dan bergejala berat, sehingga dianggap harus menerima vaksin. Ibu hamil akan diberikan suntikan vaksin Covid-19.

"Vaksin Covid-19 bagi ibu hamil dan menyusui merupakan salah satu vaksin yang penting untuk dapat melindungi populasi ini dari Covid-19. Dengan vaksin Covid-19, juga diharapkan agar kematian dan penyakit berat karena Covid-19 pada ibu hamil, janin, dan ibu menyusui dapat dicegah," tegas Dovy.

Sebelum mendapatkan vaksinasi ada syarat dan ada skrining dilakukan terhadap ibu hamil dan menyusui.

Syaratnya, usia kandungan sudah di atas 12 minggu sampai melahirkan dan menyusui, tekanan darah normal, tidak menjalani pengobatan.

Kemudian, komorbid dalam kondisi terkontrol, serta tidak punya gejala atau keluhan pre eclampsia.

"Untuk itu kami mengimbau bagi ibu hamil, ibu menyusui beserta keluarga, mari kita menyelamatkan baik kepada ibu maupun janin agar terhindar dari Covid-19. Di samping juga tetap menerapkan protokol kesehatan," ajak Dovy seraya berharap dengan Gebyar Vaksinasi dapat memberitahukan vaksinasi ibu hamil kepada masyarakat atau ibu hamil maupun keluarga ini penting.

Sementara Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada POGI Sumbar, RSUP DR M Djamil Padang dalam vaksinasi ibu hamil dan menyusui ini.

"Insya Allah setelah ini juga dilakukan RSUP M Djamil beserta dinas kesehatan provinsi dan kabupaten kota nanti langsung ke masyarakat. Sehingga capaian vaksinasi kita akan lebih baik lagi," harap Mahyeldi.

Mahyeldi juga menyebutkan capaian vaksinasi di Sumbar hingga saat ini baru mencapai 56 persen.

"Mudah-mudahan dengan gerakan bersama ini akan lebih maksimal dan masyarakat merespons dengan baik sehingga target 70 persen angka capaian vaksinasi di Sumbar segera tercapai hingga akhir tahun," ungkap Mahyeldi.

Komentar