LPPM Unand Buatkan Website Nagari Talang Anau

Metro- 04-12-2021 21:17
Tim LPPM Unand saat beri pelatihan pengelolaan website Nagari Talang Anau kepada perangkat nagari setempat, Rabu (1/12). (Dok : Istimewa)
Tim LPPM Unand saat beri pelatihan pengelolaan website Nagari Talang Anau kepada perangkat nagari setempat, Rabu (1/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Limapuluh Kota, Arunala - Keinginan tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand) Padang, ingin menjadikan Nagari Talang Anau sebagai Nagari Tageh di Kabupaten Limapuluh Kota terus diaktualisasikan. Setelah sebelumnya tim LPPM Unand yang dipimpin dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (Fisip Unand) Dr Roni Ekha Putera itu beri pemahaman dan edukasi tentang pengembangan wisata di nagari itu, kali ini kehadiran tim tersebut untuk menyerahkan website yang dibuat khusus bagi nagari itu. "Sebelum website itu diserahkan pengelolaannya, lebih dulu kami berikan pelatihan kepada perangkat nagari dalam menggunakan serta mengelola website tersebut," kata Roni Ekha Putera, Rabu (1/12). Pada kegiatan program kali ini, tim LPPM Unand menggandeng dua orang ahli IT Unand, yaitu dosen sistem informasi Unand, Jefri Rahmadoni, dan Dosen Fakultas Ekonomi Unand yang ahli bidang akuntasi dan sistem informasi, Prof Dr Asniati, SE, MBA, Ak, CA, CSRA. Dalam paparannya, Asniati menyebutkan pentingnya sebuah website dalam mengimplementasikan program Nagari Tageh, bagi Nagari Talang Anau. "Website menjadi alat untuk memantau kegiatan atau layanan administrasi oleh perangkat nagari. Kemudian juga menjadi wadah menyebarkan informasi terkait Nagari Talang Anau secara luas, karena website ini dapat diakses siapa saja dan dimana saja," kata Asniati Dia menambahkan dengan adanya website ini maka Nagari Talang Anau bisa menjadi "Smart Village", yang diartikan sebagai nagari digital yang memiliki tujuan untuk mengubah layanan tradisional menjadi layanan yang dilakukan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi digital untuk kegiatan pelayanan kepada masyarakat hingga kegiatan bisnis di nagari. Sementara itu, Ilham Havifi selaku moderator dalam pelatihan pengelolaan website Nagari Talang Anau itu menyampaikan selain buat website, tim LPPM juga berikan panduan penggunaan website, agar pihak Nagari Talang Anau dapat memanfaatkan fasilitas tersebut secara maksimal. "Agar program ini dapat dipahami dengan baik, maka peserta pelatihan juga diarahkan cara membuka website http://nagaritalanganau.id/pada masing-masing gawai yang peserta miliki," kata Ilham Havifi. Turut serta dalam tim LPPM Unand yang dipimpin Roni Ekha Putera itu antara lain Dr Tengku Rika Valentina, Rifki Dermawan, Ilham Havifi, Lusi Puspika Sari, Cici Safitri, Putri Febri Wialdi, Nia Audia, dan Bobi Rizki Ananda.

Komentar