Khairunas Raih Penghargaan AMA KI Sumbar 2021

Metro- 06-12-2021 16:55
Bupati Solsel, Khairunas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi dan Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi sesuai terima penghargaan, Senin (6/12). (Foto : Arzil)
Bupati Solsel, Khairunas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi dan Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi sesuai terima penghargaan, Senin (6/12). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Bukittinggi, Arunala - Untuk pertama kalinya, sejak Komisi Informasi (KI) Sumbar menggelar anugerah keterbukaan informasi publik (KIP) tujuh tahun lalu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dapat penghargaan.

Kali ini penghargaan yang diterima kabupaten itu berupa Tokoh Keterbukaan Informasi Publik (Achievement Motivation Award 2021) kepada Bupati Khairunas. Mau tak mau penghargaan ini jelas membawa kebahagiaan tersendiri bagi Khairunas dan Kabupaten Solsel khususnya.

Karena dengan penghargaan yang diterima itu akan jadi cikal bakal bagi Khairunas menciptakan iklim KIP bagi Pemkab Solsel.

Baca Juga

"Yang jelas, penghargaan ini beri nilai positif bagi Solsel. Selain itu, dengan penghargaan itu merupakan buah dari saling keterbukaan informasi saya dengan wakil bupati apa yang kami kerjakan di kabupaten ini," kata Khairunas didampingi Wakil Bupati Solsel, Yulian Efi menjawab pertanyaan Arunala.com seusai terima penghargaan KI Sumbar itu, di Kota Bukittinggi, Senin (6/12).

Khairunas mengakui, tanpa adanya keterbukaan informasi publik, maka Kabupaten Solsel tidak bisa maju. Makanya, dengan penghargaan yang kami peroleh hari ini, ingin menjadikan momentum bagi Pemkab Solsel berubah lebih baik sama seperti kabupaten kota lainnya di Sumbar.

Khairunas mengaku, dengan penghargaan tokoh keterbukaan informasi publik yang diraihnya, akan mentransfer kiat-kiatnya kepada semua OPD yang ada di daerahnya tentang KIP itu.

"Yang jelas, untuk kedepannya kami akan membangun sikap ikhlas, kedua sikap jujur dan ketiga membangun integritas semua OPD dan ASN di Pemkab Solsel," tukas Khairunas.

Ditanya apakah ada reward dan punishmen bagi OPD tentang KIP. di Solsel nantinya? Khairunas menjawab untuk hal jelas ada.

"Bagi OPD yang tidak mau ikuti langkah bupati dan wakil bupati tentang keterbukaan informasi publik, jelas kami akan berikan punishmen, sebaik bagi mereka yang ikut langkah kami maka akan ada reward buat mereka," tegas Khairunas.

Anggota Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi juga menyampaikan sejak tujuh kali anugerah KIP dan Achievement Motivation Award digelar, baru kali ini Kabupaten Solsel dapat penghargaan.

Komentar