Dharmasraya Miliki Oven Vertikal Dryer

Metro- 06-12-2021 15:09
Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto. (Dok : Istimewa)
Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto. (Dok : Istimewa)

Penulis: anto

Dharmasraya, Arunala - Kelompok tani (Keltan) Anggrek, Jorong Piruko Timur, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, miliki alat pengering gabah (oven vertikal dryer).

Oven pengering gabah (padi) yang diperoleh Keltan Anggrek ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Departemen Pertanian RI, mengingat di jorong itu jadi salah satu sentra produksi padi di Dharmasraya.

"Keberadaan oven pengering ini diharapkan bisa membantu meningkatkan jumlah produksi beras dengan adanya alat bantuan pusat ini," kata Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto didampingi perwakilan Dinas Pertanian Sumbar, Sendi Soesilo dan Dinas Pertanian Dharmasraya diwakili Sudarno, Senin siang (6/12).

Baca Juga

Pembangunan vertikal dryer atau oven pengeringan padi ini, sebut Pariyanto, sangat bermanfaat bagi Keltan Anggrek karena alat ini jadi pengolah padi menjadi beras.

"Alat ini dapat menggenjot produksi beras dengan sistem mekanisasi tanpa ada kendala dengan cuaca terutama sekali di musim hujan," jelas Pariyanto.

Dia melanjutkan, adanya alat pengering untuk Keltan Anggrek ini merupakan bentuk perhatian DPRD kepada petani dan sektor pertanian di Dharmasraya ini.

"Inti dari bantuan itu yakni meningkatkan produksi beras dan kesejahteraan para petani dalam mewujudkan swasembada beras di Kabupaten Dharmasraya," ucapnya.

Sedangkan, penjelasan pihak Dinas Pertanian Dharmasraya, Sudarno, bantuan vertikal dryer ini sebelumnya diperuntukankan bagi Kabupaten Pasaman, namun karena tidak difungsikan maka di minta Dinas Pertanian Dharmasraya melalui provinsi.

"Nyatanya permintaan kami itu disetujui pusat, makanya sekarang alat itu dipasang di Dharmasraya, dan pembangunan oven ini didanai melalui DPA APBD Dinas Pertanian Dharmasraya 2021 yang di kerjakan oleh PT Rutan," kata Sudarno.

Komentar