Pemko Hibahkan Tanah untuk Posmat TNI AL

Metro- 14-12-2021 14:09
Proses penandatanganan sertifikat tanah hibah yang dilakukan Wako Genius Umar untuk pembangunan Posmat TNI AL di Kota Pariaman, Selasa siang (14/12). (Dok : Istimewa)
Proses penandatanganan sertifikat tanah hibah yang dilakukan Wako Genius Umar untuk pembangunan Posmat TNI AL di Kota Pariaman, Selasa siang (14/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman serahkan hibah sebidang tanah kepada Lantamal II Padang untuk Kantor Pos Pengamat (Posmat) TNI AL di kota itu.

Penyerahan hibah tanah itu ditandai dengan penandatanganan sertifikat tanah tempat akan dibangunnya Posmat itu oleh Wali Kota, Genius Umar, di aula Balaikota Pariaman, Selasa (14/12).

Usai menandatangani sertifikat tanah itu, Genius kemudian menyerahkannya kepada Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama (TNI) Endra Sulistiyono dengan disaksikan sejumlah pejabat Pemko Pariaman dan petinggi Lantamal II Padang.

Baca Juga

"Saya berharap, dengan adanya hibah tanah ini, Lantamal II Padang bisa membuat Pos Angkatan Laut di Kota Pariaman, karena kota ini adalah kota maritim/bahari. Pos ini tentu tentunya sangat membantu untuk pengamanan laut bahkan pengamanan terhadap pencurian ikan atauilegal fishingdan kerusakan terumbu karang," kata Genius Umar saat itu.

Genius melanjutkan, pos itu nantinya berdekatan dengan museum KRI Teluk Ratai 509 yang direncanakan menjadi museum bahari yang berada di kawasan GOR Pauh, Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah.

"Saya berharap Lantamal II Padang membuat pos Angkatan Laut di Kota Pariaman, karena Kota Pariaman adalah kota maritim/bahari. Pos ini tentu akan membantu kita untuk pengamanan laut bahkan pengamanan terhadap pencurian ikan atauilegal fishingdan kerusakan terumbu karang", ulasnya.

Sementara Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono mengatakan adanya hibah untuk Posmat itu pihaknya siap untuk menggunakannya.

"Sedangkan untuk peresmiannya, kami masih menunggu karena harus berkoordinasi dengan Mabes TNI AL serta untuk pendirian pos juga harus memenuhi syarat-syaratnya," ungkap Sulistiyono.

Dia menyebut, keberadaan Posmat itu akan menjadi perpanjangan tangan Lantamal II Padang dalam menjalankan tugas dan fungsi pengamatan dan pengindraan dari aspek maritime, serta pengawasan terhadap keamanan laut.

Komentar