Boy Rafli Jabat Kepala BNPT

Metro-393 hit 01-05-2020 20:15
Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz. (Dok. Kompas.com)
Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz. (Dok. Kompas.com)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Jakarta, Arunala - Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz merotasi sejumlah perwira tinggi (pati) Polri, keputusan tersebut tertuang dalam telegram Kapolri No. ST/1377/V/KEP./2020 dan telegram No. ST/1378/V/KEP./2020, ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

Dalam surat tersebut jabatan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) akan ditinggalkan Irjen Rycko Amelza Dahniel. Rycko dipromosikan pada job bintang tiga yaitu Kabaintelkam Polri, menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang ditunjuk sebagai Irwasum Polri.

Jabatan Kapolda Jateng akan diisi oleh Brigjen Ahmad Lutfhi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Jateng. Tekait jabatan Irwasum, Komjen Moechgiyarto dimutasi menjadi Anjak Utama Baharkam Polri.

Baca Juga

Jabatan selanjutmya adalah Kapolda Jawa Timur (Jatim) akan ditinggalkan Irjen Luki Hermawan. Ia dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri, menggantikan Irjen Boy Rafli Amar yang mendapat promosi job bintang tiga menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

Boy Rafli menggantikan Komjen Suhardi Alius yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri.

Sebelumnya, Boy Rafli menjabat Wakil Kepala Lemdiklat Polri. Posisi itu akan diisi Luki Hermawan yang kini Kepala Polda Jatim.

Boy Rafli sebelumnya pernah menjabat Kapolresta Padang, Kapolda Papua dan Kadiv Humas Polri sebelum menduduki jabatan Wakil Kepala Lemdiklat Polri.

Jabatan Kapolda Jatim akan diisi oleh Irjen Fadil Imran yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Terkait jabatan Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius dimutasi sebagai Anjak Utama Bareskrim Polri.

Sementara itu jabatan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) akan ditinggalkan Irjen Priyo Widyanto. Ia ditunjuk menggantikan jabatan Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Jabatan Kapolda Sumsel akan diisi oleh Irjen Eko Indra Heri, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM).

Lalu jabatan Kapolda Banten akan ditinggalkan Irjen Agung Sabar Santoso, yang dimutasi sebagai Anjak Utama Baharkam Polri. Posisi Kapolda Banten akan diisi Irjen Fiandar, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol).

Selanjutnya, jabatan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) akan ditinggalkan Irjen Ilham Salahudin, yang dimutasi menjadi Anjak Utama Itwasum Polri. Jabatan Kapolda Kalteng akan diisi oleh Brigjen Dedi Prasetyo, yang kini menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri.

Jabatan Kapolda Bengkulu juga akan ditinggalkan Irjen Supratman, yang dimutasi sebagai Anjak Utama Sespim Lemdiklat Polri. Jabatan Kapolda Bengkulu akan diisi oleh Brigjen Teguh Sarwono yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Bengkulu.

Jabatan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) juga akan ditinggalkan Irjen Andap Budhi Revandoko. Ia dimutasi untuk penugasan pada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Jabatan Kapolda Kepri akan diisi oleh Irjen Aris Budiman, yang saat ini menjabat sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri.

Jabatan Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) juga akan ditinggalkan Irjen Yazis Fanani. Ia dimutasi untuk menggantikan Irjen Aris Budiman sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri. Jabatan Kapolda Kalsel akan diisi oleh Irjen Nico Afinta, yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Politik.

Terakhir, jabatan Kapolda NTB akan ditinggalkan Irjen Tomsi Tohir, yang ditunjuk menggantikan Irjen Nico Afinta sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Politik. Jabatan Kapolda NTB akan diisi oleh Irjen Mohammad Iqbal yang saat ini menjabat sebagai Kadiv Humas Polri.

Sementara jabatan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal akan diisi oleh Brigjen Argo Yuwono yang saat ini menjabat sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri. Jabatan Karo Penmas diambil alih oleh Kombes Awi Setiyono. (rel)

Komentar