Petani di Nagari Mandeh Butuh Saluran Irigasi

Ekonomi- 30-12-2021 18:22
Anggota DPD RI, Alirman Sori menaiki perahu ponto saat mengunjungi masyarakat petani yang ada di Kanagarian Mandeh, Pessel, Kamis (30/12). (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI, Alirman Sori menaiki perahu ponto saat mengunjungi masyarakat petani yang ada di Kanagarian Mandeh, Pessel, Kamis (30/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala -- Para petani sawah yang ada di Kanagarian Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sangat mengeluh karena terbatasnya saluran irigasi untuk pemenuhan air bagi areal persawahan petani setempat.

Keluhan itu disampaikan Anto, 53, salah seorang petani di kawasan Mandeh itu kepada Anggota DPD RI, Alirman Sori yang lakukan kunjungan ke daerah itu, Kamis siang (30/12).

Menanggapi minimnya irigasi sawah di kenagarian itu, Alirman Sori, turut prihatin, karena sektor pertanian di Mandeh itu merupakan ekonomi pokok bagi masyarakat setempat dalam menghdupi keluarganya disamping jadi nelayan.

Baca Juga

"Hasil sawah sangat membantu mereka di tengah makin beratnya beban kehidupan yang keseharian sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai nelayan," kata Alirman Sori saat di lokasi.

Dari penjelasan salah seorang warga itu, Alirman menerangkan, untuk memenuhi irigasi bagi petani di nagari itu, biayanya tidak begitu besar, diperkirakan memerlukan dana kurang lebih Rp200 juta.

"Sayangnya usulan untuk pembangunan jaringan irigasi sudah berulang kali warga disampaikan kepada pemkab setempat, tapi belum mendapatkan prioritas," ujar Senator asal Sumbar itu.

Masih pengakuan salah seorang petani itu, sebut Alirman Sori, apabila pembangunan saluran irigasi di Nagari Mandeh dapat direalisasikan, maka itu akan sangat membantu masyarakat setempat yang memiliki lahan sawah.

"Informasi yang saya dapat, apabila ada saluran irigasi memadai di Mandeh, paling sedikit petani setempat bisa bercocok tanam dua kali setahun, bahkan bisa tiga kali, karena lahan pertanian di Kanagarian Mandeh itu cukup potensial untuk lahan pertanian," kata Alirman Sori.

Komentar