DPRD Tetapkan Calon Terpilih Anggota KPID Sumbar

Metro- 02-01-2022 07:53
Logo Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar. (Dok : Istimewa)
Logo Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar telah menggeluarkan hasil fit and proper test 14 calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar periode 2021-2024.

Penetapan itu dikeluarkan DPRD Sumbar pada Kamis (30/12) kemarin, dan surat penetapan yang ditanda tangani langsung Ketua DPRD Sumbar, Supadi ini ditujukan kepada Gubernur Sumbar.

Sebelumnya pada tahap fit and proper test pada Sabtu - Minggu (11-12/12) lalu, ada 21 calon yang diserahkan timsel ke DPRD Sumbar ikut tahap ini.

Baca Juga

Kemudian, seusai fit and proper test, akhirnya DPRD Sumbar melalui surat keputusannya bernomor 165/1367/Persid 2021 tertanggal 30 Desember 2021, menetapkan 14 orang calon yang ditetapkan dengan rincian tujuh nama sebagai calon terpilih dan tujuh nama sebagai calon cadangan.

Surat DPRD Sumbar ini ditujukan kepada Gubernur Sumbar itu berisi 3 poin yang terdiri dari penetapan hasil uji kepatutan dan kelayakan Komisi 1 dengan mencantukan tujuh nama calon terpilih anggota KPID berdasarkan abjad sebagai berikut, Baldi Pramana, Dasrul, Edra Mardi, Eka Jumiati, Robert Cenedy, Ficky Tri Saputra dan Rahmadi Sutrisno.

Selain itu, dalam surat keputusan DPRD yang beredar di media sosial ini juga menetapkan tujuh nama calon cadangan berdasarkan urutan sebagai berikut Yusrin Trinanda, Mona Sisca, Aznil Mardin, Jimmy Syah Putra Ginting, Adrian dan Gusriono.

Pada poin B dalam surat penetapan DPRD Sumbar itu juga menyebutkan sesuai dengan ketentuan pasal 26 ayat 1 Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia nomor 01/KPI/07/2014 tentang Kelembaban Komisi Penyiaran Indonesia, DPRD Provinsi menyampaikan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada pemerintah daerah untuk ditetapkan secara administrasi dengan keputusan gubernur.

Selanjutnya pada Poin C surat DPRD Sumbar terkait penetapan Anggota KPID ini, ketua DPRD meminta Gubernur Sumbar untuk menetapkan sekaligus melantik anggota KPID Sumbar terpilih masa jabatan 2021 2024 mendatang.

Sebelumnya, Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPID Sumbar, Ilham Adelano Azre, mengatakan, pihaknya menyerahkan hasil seleksi dari Timsel merupakan hasil terbaik, karena berdasarkan penilaian objektif terhadap kemampuan para calon komisioner KPI Sumbar.

"Kami sengaja melakukan tahapan seleksi selama lebih kurang dua bulan terhadap calon KPID Sumbar selanjutnya menyerahkan 21 nama lolos untuk diseleksi akhir DPRD Sumbar yakni fit and propers test untuk mengerucutkan tujuh calon terpilih dan tujuh calon komisioner pengganti," kata Ilham Adelano Azre.

Komentar