Warga Gurun Panjang Mengadu pada Alirman Sori

Metro- 02-01-2022 13:29
Anggota DPD RI, Alirman Sori saat meninjau salah satu rumah warga yang rusak akibat diterjang aliran sungai Batang Lumpo di Kanagarian Gurun Panjang Bayang, Pessel, Minggu (2/1). (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI, Alirman Sori saat meninjau salah satu rumah warga yang rusak akibat diterjang aliran sungai Batang Lumpo di Kanagarian Gurun Panjang Bayang, Pessel, Minggu (2/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai Batang Lumpo pada empat kanagarian di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sampaikan keluhan mereka kepada Anggota DPD RI asal Sumbar, Alirman Sori beberapa waktu lalu.

Keluhan itu terkait kondisi sungai Batang Lumpo yang setiap saat bisa membahayakan keselamatan mereka.

"Pasalnya, dari informasi warga setempat yang saya dapat, setiap hujan tiba, aliran sungai dekat mereka tinggal sering meluap dan membanjiri rumah mereka. Selain itu, akibat meluapnya air sungai itu membuat bagian dari rumah warga itu ada yang amblas karena tanahnya dikikis akibat luapan aliran sungai Batang Lumpo itu," kata Alirman Sori melalui pesan WhatsApp-nya kepada Arunala.com , Minggu (2/1).

Baca Juga

Alirman Sori menyebutkan, keluhan masyarakat empat nagari yang diterimanya itu berasal Nagari Gurun Panjang, Gurun Panjang Utara, Gurun Panjang Selatan dan Nagari Gurun Panjang Barat.

Dari pengamatan yang dilakukan pada hari Minggu itu, dia menilai empat nagari yang berada di lintasan Batang Lumpo ini sangat membahayakan kondisinya dan mengancam keselamatan masyarakat di sana.

"Setidaknya tiga kali dalam setahun banjir menerpa lokasi tersebut, serta cukup banyak menimbulkan kerugian materil, rumah roboh, ternak banyak mati dan alat elektronik juga banyak yang rusak terendam banjir, dan ini telah berlangsung sejak beberapa tahun lamanya," tukas Alirman Sori.

Dirinya meminta untuk pemkab setempat untuk bisa mengatasi persoalan yang terjadi di nagari Gurun Panjang itu secepatnya.

"Informasi warga, survei dari pemerintah daerah sudah beberapa kali dilakukan, tapi belum ada titik terang sampai saat ini, sementara rumah masyarakat sudah banyak yang rusak dan terjungkal masuk sungai. Untuk segera lakukan perbaikan," pintanya.

Alirman Sori juga minta warga yang tinggal di empat kenagarian yang disebutkannya agar waspada dan berhati-hati terutama disaat musim hujan.

"Karena terbukti akibat banjir yang terjadi telah meluluhlantakan berbagai infrastruktur dan rumah masyarakat," kata Alirman Sori lagi.

Dalam waktu dekat anggota senator Alirman Sori ini akan mengadakan pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan ninik mamak di empat nagari tersebut.

"Itu saya lakukan untuk membicarakan langkah-langkah mengatasi persoalan yang sudah lama terjadi, terutama terkait persoalan pembebasan tanah untuk pembangunan," kata Alirman Sori.

Komentar