Pessel Raih Prestasi SPBE 2021

Metro- 30-12-2010 14:08
Tabel 10 besar nasional indeks SPBE tingkat kabupaten kota 2021. (Dok : Istimewa)
Tabel 10 besar nasional indeks SPBE tingkat kabupaten kota 2021. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Jelang tutup tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) meraih daerah terbaik 1 se Sumatera untuk penilaian hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan indeks 3,34.

Prestasi ini juga menjadikan Pessel posisi enam besar untuk tingkat kabupaten kota se Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomintik) Pessel, Junaidi menyambut gembira hasil baik itu.

Baca Juga

"Meski Diskominfo Pessel sebagai leading sektor dalam penerapan SPBE, pencapaian yang diperoleh merupakan hasil kerja sama para pihak yang patut diapresiasi," ujar Junaidi, di Painan, Rabu (29/12).

Evaluasi ini, sebutnya, merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di instansi pemerintah untuk menghasilkan suatu nilai indeks yang menggambarkan tingkat kematangan dari pelaksanaan SPBE di instansi pemerintah.

Junaidi menjelaskan, ada tiga unsur penting dalam penerapan SPBE itu, yaitu penyelenggaraan pemerintahan merupakan unsur tata kelola dari birokrasinya, kehandalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai pengungkit dalam pelaksanaannya.

Yang terakhir adalah kemudahan layanan pemerintah yang diberikan kepada pengguna, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

"Dalam rangka menjamin pelaksanaan SPBE dapat berjalan mencapai tujuannya, seiring dengan semangat reformasi birokrasi, maka Kemenpan RB ingin mendorong ketiga unsur tersebut agar lebih terintegrasi dan efisien," tukasnya.

Dia menambahkan, penilaian pada pelaksanaan SPBE dilakukan melalui struktur penilaian yang terdiri dari empat domain yaitu kebijakan, tata kelola, manajemen, dan layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Junaidi juga menjelaskan, SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE secara terintegrasi.

"Sistem ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik," kata Junaidi.

Komentar