Wajib Pakai Masker dan Sarung Tangan di Pasar Tanah Kongsi

Ekonomi-356 hit 04-05-2020 13:31
Petugas Pasar Tanah Kongsi, Kota Padang memeriksa suhu tubuh warga yang akan berbelanja di pasar tersebut, Senin (4/5).(Foto : dyz)
Petugas Pasar Tanah Kongsi, Kota Padang memeriksa suhu tubuh warga yang akan berbelanja di pasar tersebut, Senin (4/5).(Foto : dyz)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Pasar Tanah Kongsi, Kelurahan Kampung Pondok, Kota Padang menerapkan wajib pemakaian masker dan sarung tangan bagi pengunjung dan penjual di pasar.

Pemakaian masker dan sarung tangan ini tindakan untuk melindungi masyarakat dari wabah virus Corona.

"Suatu langkah preventif yang dilakukan di Pasar itu sebagai pencegahan penyebaran virus Corona," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Senin (4/5).

Baca Juga

Langkah yang dilakukan di Pasar Tanah Kongsi, sebut Mahyeldi sebaiknya juga dilakukan sejumlah pasar yang ada di Padang. Masyarakat diminta punya kesadaran untuk menjaga kesehatan dari wabah virus Corona.

"Penerapan ini mudah-mudahan masyarakat berbelanja di Pasar Tanah Kongsi terlindungi dari wabah virus Corona," pungkas Mahyeldi Ansharullah.

Kadis Pasar dan Perdagangan Kota Padang, Endrizal menyatakan, pedagang maupun pembeli memasuki Pasar Tanah Kongsi tidak saja memakai masker tapi juga memakai sarung tangan.

Selain jaga jarak aman berdagang, pedagang maupun pembeli wajib pakai masker dan sarung tangan.

Ini baru pertama kali di Kota Padang, Pasar menerapkan pedagang maupun pembeli wajib pakai masker dan sarung tangan untuk pergi belanja. "Nantinya pasar tradisional lainnya diharapkan untuk bisa mencontoh apa dilakukan pasa Tanah Kongsi,. Bersyukur ada kesadaran dari pedagang dan pembeli pakai masker dan sarung tangan,"ungkap Endrizal.

Seorang warga Rimbo Data, Nia yang berbelanja di Padat Tanah Kongsi menyebutkan penggunaan masker dan sarung tangan baik penjual maupun pembeli di pasar itu sangat bagus. Ini dilakukan untuk menjadikan pasar tetap aman dan ramah.

"Ide ini sangat bagus dilakukan, terlebih bagi masyarakat yang ingin belanja harus di cek dulu suhu tubuhnya sebelum masuk pasar. Kemudian wajib pakai masker dan pakai sarung tangan di pasar itu,"kata dia.

Namun sedikit disayangkan, lanjut dia, ada sebagian pedagang masih enggan pakai masker dan sarung tangan. Sebaiknya ada petugas pasar untuk mengingatkan pedagang pakai masker dan sarung tangan.

"Peraturan ini tidak saja berlaku bagi pengunjung, namun hendaknya berlaku bagi pedagang, sehingga penyebaran virus Corona bisa diminimalisir," pungkas Nia.

Komentar