Tingkatkan Kunjungan, Desa Apar harus Perbanyak Atraksi

Metro- 04-01-2022 13:10
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy didampingi Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin dan Kadis Pariwisata Pariaman, Dwi Marhen saat tinjau kawasan wisata Desa Apar Kota Pariaman, Selasa (4/1). (Dok : Istimewa)
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy didampingi Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin dan Kadis Pariwisata Pariaman, Dwi Marhen saat tinjau kawasan wisata Desa Apar Kota Pariaman, Selasa (4/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, meninjau Desa Apar, Kota Pariaman yang merupakan lokasi yang meraih juara III kategori Desa Digital pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 lalu, Selasa (4/1). Kedatangan Audy didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial dalam rangka kunjungan kerja itu disambut Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin dan Kepala Dinas Pariwisata kota setempat, Dwi Marhen.

Audy Joinaldy dalam pengamatannya di tempat wisata itu meminta agar Pemko Pariaman memanfaatkan semua potensi yang dimilikinya secara maksimal untuk tempat wisata itu.

"Tidak hanya itu, kawasan wisata Desa Apar juga harus terus berbenah dan meningkatkan atraksi yang dimiliki, untuk meningkatkan pengunjung sekaligus memberikan sumber income baru bagi masyarakat sekitar," kata Audy.

Baca Juga

"Ditambah lagi atraksi dan kegiatan yang bisa dilakukan di Desa Wisata Apar ini. Supaya nanti juga bisa men-generate income bagi masyarakat yang beraktivitas di sini. Manfaatkan semua potensi yang ada. Dengan begitu Desa Apar ini nanti bisa berkembang dengan pesat," imbuh Audy lagi.

Terakhir, Audy menekankan kepada pengurus Pokdarwis Desa Apar untuk terus mengasah kreativitas, agar Desa Wisata Apar tetap bisa mempertahankan posisinya sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Sumbar.

"Kreativitas itu limit less, jadi para generasi muda Desa Apar yang tergabung dalam Pokdarwis ini harus bisa berkreasi dan berinovasi secara terus menerus. Dan jangan lupa, tularkan juga kreatifitas itu ke lingkungan. Insya Allah, Desa Wisata Apar ini akan menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu memberikan best vacation experience di Sumbar," ucap Audy Joinaldy.

Sedangkan Kadis Pariwisata Kota Pariaman, Dwi Marhen menjelaskan, Desa Wisata Apar baru dimulai satu tahun lalu dan berhasil menjadi primadona baru dalam dunia kepariwisataan Sumbar.

Saat ini, sebutnya, prioritas pembangunan di desa itu dimulai dari penjaringan SDM yang berusia muda untuk membentuk Pokdarwis (kelompok sadar wisata), dan baru dilanjutkan dengan pembangunan sarana dan prasarana.

"Kami memang sengaja membentuk karakter SDM nya lebih dulu. Karena SDM ini nanti yang akan menjalankan dan mengelola desa wisata ini. Ini kami lakukan agar apapun jenis pembangunan atau program kegiatan yang akan dilakukan nanti di sini bisa berjalan baik," kata Dwi Marhen.

Komentar