Kampung Lapai Miliki Ketua RW dan RT yang Baru

Metro- 08-01-2022 13:31
Suasana pelantikan ketua RW dan RT Kelurahan Kampung Lapai, di PAUD Amanah, Wisma Indah II Lapai, Padang, Sabtu (8/1). (Dok : Istimewa)
Suasana pelantikan ketua RW dan RT Kelurahan Kampung Lapai, di PAUD Amanah, Wisma Indah II Lapai, Padang, Sabtu (8/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Warga Kelurahan Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang merasa agak kecewa, meski kegiatan yang mereka adanya di PAUD Amanah, Wisma Indah II Lapai, Padang, Sabtu siang (8/1).

Pasalnya, keinginan warga kelurahan itu agar Wali Kota Padang, Hendri Septa hadir dalam pelantikan delapan orang ketua rukun warga (RW) dan 43 orang ketua rukun tetangga (RT) serta Ketua kelompok PKK se kelurahan itu, nyatanya tidak sesuai harapan, bahkan Camat Nanggalo yang juga diundang hanya diwakili staf kecamatan.

Padahal, panitia pelantikan telah mengemas acara dengan apik dan meriah, termasuk menyediakan gerai makan dan minuman untuk sarapan para tamu dan undangan.

Baca Juga

Acara pelantikan diawali dengan prosesi pasambahan adat dari kelompok basurah adat Kelurahan Kampung Lapai dibawah binaan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kampung Lapai, Sonny Afandi.

Ketua dan pengurus RW dan RT yang dilantik oleh Lurah Kampung Lapai, Yos Deki, merupakan hasil pemilihan serentak pada November 2021 lalu. Pada kesempatan itu sekaligus dilakukan serah terima jabatan masing-masing Ketua RW, RT dan PKK periode Januari 2022 sampai Desember 2024.

Dari jumlah penduduk Kampung Lapai sekitar 9 ribu jiwa lebih itu, banyak hal yang bisa dibuat. Apalagi semua RW dan RT dapat berkolaborasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Selagi bisa bergerak bersama, tidak ada berat yang tidak bisa kita pikul," kata Yos Deki.

Yos Deki yang sudah hampir 5 tahun menjabat Lurah Kampung Lapai, menyatakan PKK Kelurahan Kampung Lapai, menjadi juara I tidak hanya tingkat Kota Padang, tapi juga tingkat provinsi.

"Ini patut diapresiasi. Bahkan masjid kini sudah ada 9 dari sebelumnya 7. Dalam waktu dekat pihak kelurahan akan menggelar Musrenbang. Ini kesempatan bagi RT dan RW untuk menyampaikan programnya," ucap Yos Deki didampingi Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye.

Sementara, Ketua LPM Kelurahan Kampung Lapai, Sonny Affandi, menyampaikan hanya di Kampung Lapai satu-satunya di Kota Padang saat ini pelantikan ketua RW dan RT yang dilakukan secara serentak, bahkan tingkat Sumbar.

"Ini kesuksesan yang berhasil diraih oleh Kelurahan Kampung Lapai. Termasuk beberapa lomba tingkat Sumbar, dimana Kelurahan Kampung Lapai tampil sebagai pemenang," ucap Sonny.

Sonny juga menyampaikan rasa kecewanya dengan ketidakhadiran Wali Kota Padang yang sebelumnya saat dikonfirmasi menyatakan siap hadir.

"Saya sangat kecewa dengan tidak hadirnya wali kota, dan saya sedih tanpa ada yang mewakili. Dari beberapa kali acara besar yang diadakan di kelurahan ini, baru baru sekali Wako Hendri Septa hadir, yakni saat peresmian Masjid Baiturahim," tegas Sonny. (*)

Komentar