Lulusan Siswa dari Program Saga Saja Siap Diterima di Poltekpel

Edukasi- 15-01-2022 08:39
Wawako Pariamanm Mardison Mahyuddin saat menerima buku tentang Poltekpel dari Wakil Direktur III Poltekpel Sumbar, Kapten Bintang Novi seusai pelaksanaan sosialisasi, di Balaikota Pariaman, Jumat (14/1). (Dok : Istimewa)
Wawako Pariamanm Mardison Mahyuddin saat menerima buku tentang Poltekpel dari Wakil Direktur III Poltekpel Sumbar, Kapten Bintang Novi seusai pelaksanaan sosialisasi, di Balaikota Pariaman, Jumat (14/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala-- Para siswa SMA dan sederajat di Kota Pariaman yang lulus melalui program Saga Saja, dapat peluang melanjutan pendidikannya di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar.

Terbukanya kesempatan untuk bisa masuk menjadi taruna dan taruni Poltekpel itu diketahui saat pihak kampus menggelar sosialisasi kampus ini di Balaikota Pariaman, Jumat siang (14/1).

Wakil Direktur III Poltekpel Sumbar, Kapten Bintang Novi mengungkapkan, bisa diterima tamatan SMA dan sederajah di Kota Pariaman di Poltekpel adalah mereka yang lulus melalui program Saga Saja.

Baca Juga

"Ini bentuk konkret kerjasama kami di {Poltekpel dengan Pemko Pariaman, selain itu calon taruna taruni Poltekpel yang diterima itu adalah mereka yang mendapatkan program Saga Saja, karena Pemko Pariaman yang akan membiayai semester mereka," kata Bintang Novi saat sosialisasi Poltekpel Sumbar di Pemko Pariaman itu.

Dia melanjutkan, di samping biaya semester akan ditanggung Pemko Pariaman, untuk biaya makan, asrama dan seragam akan disubsidi pihak Poltekpel.

"Artinya baik program pembibitan ataupun reguler untuk taruna dan taruni dari program saga saja, tidak mengeluarkan biaya atau gratis. Untuk itu jangan sampai lewatkan kesempatan ini, karena ini sangat bermanfaat bagi anak Kota Pariaman ini," sebutnya.

Bintang Novi menambahkan, Poltekpel Sumbar merupakan salah satu sekolah yang beruntung ditunjuk Pemko Pariaman untuk menjalin kerjasama. Ada dua program di Poltekpel ini yaitu program pembibitan dan program reguler.

Dia melanjutkan, "Kota Pariaman diketahui merupakan wilayah Maritim. Dan diharapkan siswa/siswi yang ada di kota ini bisa menjadi calon pimpinan di bidang Maritim.

Sementara, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengaku bersyukur dengan kerjasama yang dibangun pemko dengan Poltekpel Sumbar itu, karena membuka peluang bagi para siswa di kota itu bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya.

"Pemko Pariaman sudah menjalankan program Saga Saja sejak tahun 2018. Saga Saja merupakan salah satu program unggulan dibawah kepemimpinan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin. Ini merupakan satu-satunya yang ada di Sumbar dengan tujuannya menyekolahkan anak - anak di kota ini yang berasal dari keluarga kurang mampu sehingga setelah tamat nanti mampu membantu perekonomian keluarga," kata Mardison.

Ini, lanjunya, merupakan inovasi di bidang pendidikan dan hal itu dapat penghargaan dari pemerintah pusat bulan Desember lalu.

Mardison berkeinginan program Saga Saja akan dikembangkan dengan menerima lebih banyak anak-anak di kota itu sehingga nantinya bisa meningkatkan pendidikan dan mengentaskan kemiskinan di Kota Pariaman.

Komentar