Diminta Ciptakan Pemilihan Secara Badunsanak

Metro- 13-01-2022 14:12
Wako Genius Umar saat berikan arahan kepada para calon kepala desa yang ikut pemilihan kepala desa serentak di kota itu, Kamis (13/1). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar saat berikan arahan kepada para calon kepala desa yang ikut pemilihan kepala desa serentak di kota itu, Kamis (13/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Para calon kepala desa se Kota Pariaman yang akan ikut pemilihan kepala desa yang akan dilakukan serentak pemko setempat Sabtu (12/2) mendatang, diberi wejangan oleh Wali Kota Genius Umar, Kamis (13/1).

Dalam pertemuan yang diadakan di Balairung rumah dinasnya, Genius mengharapkan pemilihan kepala desa itu dilaksanakan secara Badunsanak (damai, red).

"Jangan muncuk gejolak setelah pelaksanaan pemilihan itu, siapapun kepala desa yang terpilih, itulah yang diamanahkan oleh masyarakatnya," kata Genius Umar.

Baca Juga

Kepala desa, sebutnya, adalah perpanjangan tangan dari pemerintah kota di level desa. Dan siapapun yang jadi kepala desa terpilih harus dapat memperkuat ekonomi kreatif berbasis lokal dan budaya masyarakat.

"Kepala desa adalah pelayan masyarakat yang digaji oleh negara, keluhan dan kebutuhan setiap masyarakat harus ditangani dengan cepat dan segera dicarikan solusinya," tegas dia.

Ia juga menyampaikan akan memberikan insentif khusus kepada pemerintah desa yang memiliki inovasi dalam pembangunan di desanya.

Dihadapan seluruh calon kepala desa tersebut, Genius juga sampaikan visi dan misi Pemko Pariaman saat ini yakni beberapa program lanjutan ketika ia masih menjadi Wakil Wali Kota Pariaman, seperti program kesehatan gratis, program pendidikan gratis, program bis sekolah gratis, pembangunan masjid terapung, pembangunan gor dan program maghrib mengaji dan subuh mubarokah yang dikembalikan ke masing-masing desa.

Dia juga mencontohkan, pada 2021 kemarinm pemko tak punya anggaran untuk membuka jalan di lingkar Selatan kota itu. Namun dengan kedekatan pemko dengan masyarakat, akhirnya jalan lingkar itu bisa dikerjakan, yang dilakukan secara gotong royong.

Tidak itu saja, dengan semangat gotong royong itu, pemko dan masyarakat juga berhasil membukaan jalan di Desa Cubadak Air hingga ke Desa Tungkal Selatan.

"Itu sebagai upaya untuk mewujudkan Kota Pariaman sebagai kota pesisir modern, dinamis dan berwawasan lingkungan tanpa merusak lingkungan yang sudah ada," pungkas Genius Umar.

Komentar