Bicarakan Soal Pertahanan Kemaritiman Sumbar

Metro- 04-01-2022 15:20
Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono serahkan cinderamata kepada anggota DPD RI, Alirman Sori di Mako Danlantamal II, Selasa (4/1). (Dok : Istimewa)
Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono serahkan cinderamata kepada anggota DPD RI, Alirman Sori di Mako Danlantamal II, Selasa (4/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Untuk mengetahui kondisi keamanan laut Sumatera Barat (Sumbar), anggota DPD RI dapil Sumbar, Alirman Sori berkunjung ke markas Lantamal II Padang, dalam rangka reses untuk menyerap aspirasi di bidang pertahanan kemaritiman, Selasa (4/1).

Kedatangan senator Alirman Sori, disambut langsung Komandan Lantamal II Padang, Laksmana Pertama TNI Endra Sulistiyono, Wadan Lantamal Kolonel (Mar) Freddy JH Pardosi, beserta pejabat utama Lantamal II, Dansatrol dan Kadiskum.

Kedatangan Alirman Sori saat itu selain menyerap aspirasi juga ingin mengetahui potensi ancaman pertahanan bidang maritim yang menjadi tugas dan tanggungjawab TNI AL.

Baca Juga

Danlantamal Laksma Endra Sulistiyono dalam penjelasannya mengatakan, ancaman terbesar di kawasan laut Sumbar yang merupakan samudera lepas adalah ancaman bencana alam, seperti ancaman tsunami.

Hal lain menurut Endra Sulistiyono karena adanya keterbatasan alutsista dan juga jumlah personel yang dimiliki Lantamal II Padang.

"Saat ini personel TNI AL yang ada di Sumbar baru sekitar 800 ratusan orang. Jumlah ini masih kurang, idealnya di Lantamal II Padang memiliki sekitar 1.300 personel," kata Endra Sulistiyono.

Dia menerangkan, dalam menjalani tanggungjawab pengamanan laut, Lantamal II Padang mempunyai wilayah kerja di tiga provinsi yaitu meliputi Sumbar, sebagian Sumatera Utara dan Bengkulu.

"Dengan wilayah kerja yang cukup luas ini, Lantamal II diharapkan tetap dapat melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal. Peran serta dari masyarakat dan pemerintah daerah sangat diharapkan," ungkap Endra Sulistiyono.

Dirinya menambahkan, di tengah keterbatasan itu, namun Lantamal II terus mengoptimalkan tugas dan fungsinya, sehingga pencapaian kinerja tetap tercapai secara maksimal sebagai bentuk pengabdian dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menanggapi berbagai hal yang disampaikan oleh Danlantamal II, Alirman Sori, memberikan apresiasi atas langkah-langkah dan upaya dilakukan Lantamal II dalam pengembangan kekuatan TNI AL untuk mendirikan berbagai pos keamanan laut di Sumbar. (*)

Komentar