DPRD Langkat Cari Masukkan ke DPRD Sumbar

Metro- 20-01-2022 19:08
Sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Langkat, Rahmanauddi tukar cinderamata dengan Sekwan DPRD Sumbar, Raflis di ruang kerja Sekwan, Kamis siang (20/1). (Dok : Istimewa)
Sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Langkat, Rahmanauddi tukar cinderamata dengan Sekwan DPRD Sumbar, Raflis di ruang kerja Sekwan, Kamis siang (20/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Tujuh orang anggota Komisi C DPRD Kabupaten Langkat, Sumut bersama tiga orang staf di komisi itu bertamu ke DPRD Sumbar, Kamis siang (20/1).

Saat tiba di DPRD Sumbar, rombongan itu dijamu Sekretaris DPRD Sumbar (Sekwan), Raflis di ruang kerjanya. Banyak hal yang digali rombongan DPRD Langkat itu di Sumbar, mulai dari potensi ekonomi, UMKM, pajak dan retribusi yang ada di Sumbar.

Rombongan DPRD Langkat, yang dipimpin Sekretaris Komisi C, Rahmanauddi mengatakan, ada beberapa agenda pembahasan yang dilakukan rombongannya di Sumbar, termasuk kepada DPRD-nya.

Baca Juga

"Kami ingin menggali untuk menyerap pengalaman bagaimana pola Sumbar mengoptimalkan potensi daerahnya untuk kesejahteraan masyarakat. Bagaimana UMKM hidup dengan baik dan berdampak pada pembangunan daerah," kata Rahmanauddi.

Dia menjelaskan, untuk memajukan UMKM, meningkatkan pendapatan pajak dan retribusi di Kabupaten Langkat maka diperlukan referensi, tidak terkecuali mengadopsi cara-cara kerja DPRD Sumbar dalam mengoptimalkan fungsi kedewanannya.

Apa yang dijelaskan Rahmanauddi cukup beralasan, mengingat rombongan Komisi C DPRD Kabupaten Langkat yang dibawa ke Sumbar itu membidangi ekonomi dan keuangan.

"Dari berbagai masukan yang kami dapatkan dari Pemprov dan DPRD Sumbar, diharapkan bisa pula diterapkan pada daerah kami, sehingga tercipta iklim pemerintahan yang mampu mensejahterakan masyarakat," ulas Rahmanauddi.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis pada pertemuan itu mengatakan, yang berkunjungan ke DPRD Sumbar cukup banyak, termasuk DPRD Kabupaten Langkat ini.

Hadirnya berbagai anggota DPRD berbagai provinsi dan kabupaten kota di seluruh Indonesia ke sekretariat DPRD Sumbar secara tidak langsung memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat khususnya Kota Padang.

" Mereka menginap disini dan berbelanja produk UMKM masyarakat," katanya.

Selain itu, Raflis juga menyampaikan, sesuai program strategis gubernur, mengharapkan OPD lingkungan Pemprov Sumbar untuk mengundang tamu-tamu dari luar Sumbar agar mempengaruhi iklim investasi dalam jangka panjang.

"Disamping bertukar informasi, tamu-tamu yang datang juga memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat terutama bagi daerah-daerah yang mereka lalui," ungkap Raflis.

Raflis juga menerangkan bagaimana pola penyusunan anggaran, serta bagaimana menertibkan administrasi agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Tidak terkecuali juga menjelaskan bagaimana cara berkoordinasi dengan pimpinan dan anggota DPRD Sumbar, sehingga program berjalan dengan baik dan semua bisa teraktualisasi dengan jelas.

Komentar