KPU Sumbar masih Lakukan Proses PDPB

Metro- 26-01-2022 17:05
Komisioner KPU Sumbar, Yuzalmon. (Foto : Arzil)
Komisioner KPU Sumbar, Yuzalmon. (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Pelaksanaan pemutahiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) yang dilakukan KPU mulai dari tingkat pusat hingga daerah, sampai saat ini masih dilakukan, kendati tahapan pelaksanaan pemilu 2024 segera berjalan.

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Sumbar, Yuzalmon ketika ditemui Arunala.com di Kantor KPU Sumbar, Jalan Pramuka No.9 Padang, Selasa (26/1).

"Sebelum ada keputusan penghentian pelaksanaan tentang PDPB itu dari KPU RI, maka di daerah masih akan terus lakukan pemutahiran data pemilih itu," kata Yuzalmon yang juga Ketua Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sumbar itu.

Baca Juga

Menurutnya, pelaksanaan PDPB itu sebetulnya memenuhi amanat UU No.7 tahun 20217 tentang pemilihan umum (pemilu).

"Dalam salah satu pasal, saya lupa di pasal berapa dalam UU itu, menjelaskan, data pemilih itu nanti akan diambil dari DPT pemilu terakhir yang kemudian dimutahirkan secara berkelanjutan," ungkap Yuzalmon.

Jadi pemaknaannya, lanjut dia, bahwa pemilu terakhir yakni pada 2020 kemarin. Dan menurut ketentuan di UU No.7/2017 itu, mesti dilakukan pemutahiran data pemilih itu secara berkelanjutan.

"Maka dari itu, lahirlah PKPU No.6/2021 tentang pemutahiran data pemilih berkelanjutan. Dengan adanya PKPU itu, sehingga KPU tiap bulannya punya program di luar tahapan lakukan pemutahiran data pemilih tersebut," tukas Yuzalmon lagi.

Kegiatan itu, imbuhnya, akan mengisi ruang pemilu atau pilkada terakhir yang dilakukan pada 2020, sampai nanti masuknya pemilu 2024.

"Kalau kami lihat dalam draf tahapan pemilu 2024 yang dibuat KPU RI, diperkirakan nanti untuk proses pemutahiran data pemilih untuk pemilu mendatang di kisaran Januari-Februari 2023," papar Yuzalmon.

Ditanya, apakah proses PDPB yang dilakukan KPU Sumbar maupun KPU kabupaten kota akan dihentikan seiring masuknya tahapan data pemilih untuk pemilu 2024? Yuzalmon menjawab iya.

"Sebab di PKPU No.6/2021 itu menjelaskan, proses PDPB akan secara otomatis nanti akan berhenti ketika tahapan pemutahiran data pemilih pemilu 2024 sudah berjalan," ungkapnya.

Dia juga menyebut, pihaknya masih melakukan proses PDPB itu, karena belum ada penjelasan secara teknis lebih lanjut dari KPU RI tentang sampai dimana proses PDPB itu akan berakhir.

"Bisa saja pelaksanaan PDPB itu akan berlanjut hingga beberapa bulan ke depan atau hingga November dan Desember 2022 ini, namun yang jelas kami tentu akan menunggu penjelasan lebih lanjut secara teknis dari KPU RI soal pelaksanaan PDPB itu," kata Yuzalmon.

Komentar