Bapemperda DPRD Sumut Kunjungi DPRD Sumbar

Metro- 26-01-2022 19:38
Anggota Komisi III DPRD Sumbar, Hidayat saat menerima kunjungan rombongan Bapemperda Sumut di DPRD Sumbar, Selasa kemarin. (Dok : Istimewa)
Anggota Komisi III DPRD Sumbar, Hidayat saat menerima kunjungan rombongan Bapemperda Sumut di DPRD Sumbar, Selasa kemarin. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Peraturan daerah (Perda) pengelolaan barang milik daerah (BMN) yang sudah dimiliki Pemprov Sumbar, jadi bahan masukan bagi rombongan Bapemperda DPRD Sumut.

Pasalnya, dalam kunjungan yang dilakukan DPRD Sumut ke DPRD Sumbar ingin mengetahui bagaimana pihak DPRD Sumbar melalui Bapemperda melahirkan Perda berikut penerapannya.

Anggota Komisi III DPRD Sumbar yang juga ketua Fraksi Gerindra, Hidayat, menegaskan, kunci bisa Perda berjalan adalah sinergitas antara legislatif dan eksekutif dalam aktualisasi pembangunan fisik di daerah.

Baca Juga

"Sinergitas antara legislatif dan eksekutif cukup pentingnya dalam melaksanakan perda yang dibuat. Selain itu, kami di DPRD juga lakukan pengawasan agar perda yang telah ada dapat dijalankan secara optimal," kata Hidayat didampingi Sekwan Raflis dan Kabag Hukum, Perundang-undangan dan Humas, Husin Daruhan, Selasa kemarin.

Apa yang disebukan Hidayat ini sekaligus jadi jawaban dari pertanyaan yang disampaikan rombongan Bapemperda DPRD Sumut itu.

Dia juga menambahkan, saat ini DPRD Sumbar juga sedang melakukan studi komperatif untuk membuat Perda inisiatif DPRD tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang rencananya akan ditetap di tahun ini.

"Apabila Perda KIP itu sudah ditetapkan,berbagai badan publik bisa lebih terbuka dan pengawas dapat dilakukan lebih mendalam," kata Hidayat lagi.

Di sisi lain, Ketua Bapemperda DPRD Sumut, Thomas Dachi menyampaikan, selain berkunjung ke DPRD Sumbar, pihaknya juga ingin mendapatkan masukan, sekaligus ingin mendapatkan salinan berkas pembuatan Perda di Sumbar, yang akan dijadikan di DPRD Sumut nantinya.

Komentar