Pariyanto Saksikan Pengukuhan Gala Datuak di Pulau Punjung

Metro- 07-02-2022 14:05
Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto hadiri acara malewakan gala datuak di Pulau Punjung, Dharmasraya, Minggu (7/2) kemarin. (Foto : Anto)
Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto hadiri acara malewakan gala datuak di Pulau Punjung, Dharmasraya, Minggu (7/2) kemarin. (Foto : Anto)

Penulis: anto

Dharmasraya, Arunala - Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto menghadiri acara malewakan lima orang penghulu Datuk Nan Duo Baleh Pulau Punjung di rumah gadang Patopang Dt Tambajo, Minggu (7/2) kemarin.

Penobatan ke lima orang penghulu tersebut langsung dilakukan Raja Kerajaan Pulau Punjung, Abdul Haris Tuanku Sati Patopang Dt Tambajo.

"Saya mengapresiasi penobatan ini karena adat istiadat nan tak lapuak dek hujan dan tak lakang dek paneh," ungkap Pariyanto kepada Arunala.com di Dharmasraya, Senin (7/2).

Baca Juga

Dia menambahkan, dengan dinobatkannya para penghulu itu, diharapkan para datuak ini mampu memimpin kaumnya di Silingkung Pariek dan sa hamban tabek Datuk Nan Duo Baleh Ampek Koto Pulau Punjung.

Sebelumnya, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang hadir diacara pengukuhan gala datuak itu menyampaikan beberapa penjelasan.

"Kepada seluruh datuk dan penghulu yang telah dinobatkan itu, dipercaya masyarakat dan kaumnya untuk bisa menjalankan amanat dan seluruh ketentuan yang telah diucapkan saat dinobatkan tadi," kata Sutan Riska.

Dirinya juga mengingatkan, karena nagari ini sudah banyak orangnya, jangan sampai adat diganti-ganti.

"Makannya ini jadi tugas seorang penghulu untuk menjaga adat istiadat itu, dan sebagai tuanku ini adalah tugas mulia, untuk itu kita harus bersama-sama memperkuat kedudukan ini dan juga pererat silaturahim, serta salin menguatkan dalam adat," ujar Sutan Riska lagi.

Kemudian bagi bundo kanduang, Sutan Riska juga meminta agar sama-sama menghargai keberadaan para penghulu yang baru dinobatkan itu.

"Bagi Datuan Nan Duo Baleh dan khususnya Raja Pulau Punjung, saya yakin bisa menjadikan nagari ini berkembang lebih maju," harap Sutan Riska.

Adapun lima orang datuak yang dinobatkan tersebut masing-masing, Pasdisata Dt Kabilangan Labieh dari suku Patapang Darek, Elmen Deloys Dt Padoko Sindo suku Caniago Rumah Tabek, Supardi Dt Rajo Lelo suku Patapang Rumah Bukiu, ZE Dt Gindo Samajo suku Chaniago Rumah Tangah Padang dan M Jamil Dt Tambajo dari suku Patapang Tapi Aie.

Kemudian dalam pengukuhan gala datuak itu, hadir juga Wabup Dasril Panin Dt Labuan, dan undangan lainnya.

Komentar