Kepengurusan DPC APKESMI Padang Dilantik

Metro- 10-02-2022 20:43
Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama bersama pengurus DPC APKESMI Kota Padang, di Hotel Axana, Kamis (10/2). (Foto : Fajril M)
Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama bersama pengurus DPC APKESMI Kota Padang, di Hotel Axana, Kamis (10/2). (Foto : Fajril M)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Puskesmas termasuk ujung tombak kesehatan yang langsung bersentuhan dan mengetahui kebutuhan kesehatan masyarakat.

Atas kondisi demikian, pemerintah daerah harus lebih memperhatikan kondisi Puskesmas baik sisi fisik bangunan maupun penunjang peralatan medis.

"Kita harus memperhatikan kondisi puskesmas-puskesmas. Jangan sampai kita membesar-besarkan rumah sakit tapi kondisi Puskesmas sendiri disepelekan. Dan, diketahui kondisi Puskesmas tidak semuanya sama," kata Anggota DPR RI, Ade Rezki Pratama, saat pelantikan kepengurusan DPC Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMI) Kota Padang, di Hotel Axana, Kamis (10/2).

Baca Juga

Pelantikan kepengurusan DPC APKESMI Kota Padang masa bakti 2022-2025 yang diketuai dr Muhammad Fardhan itu dilakukan Ketua DPW APKESMI Sumbar, dr Winanda MARS.

Selain pelantikan, juga dilangsungkan webinar kesehatan baik secara daring maupun luring. Pemateri webinar tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, YessyRahimi.

Apalagi, sebut Politisi Gerindra ini, diketahui Puskesmas merupakan garda utama dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan garda terdepan dalam mengatasi pandemi. Sehingga, dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kehadiran APKESMI ini dapat menjembatani kepentingan seluruh Puskesmas. Bukan hanya sekadar organisasi saja, akan tetapi juga wadah untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholders terkait. Baik itu pemerintah daerah, swasta dan pihak lainnya," tutur anggota Komisi IX DPR RI ini.

Dengan sinergi dan kolaborasi ini, organisasi APKESMI dapat tumbuh dan berkembang. "Sehingga memberikan manfaat dan meningkatkan derajat kesehatan kepada masyarakat," harap Ade Rezki Pratama.

Saat pelantikan, Wali Kota Padang, Hendri Septa berharap kehadiran APKESMI menjadi cerminan bagi pimpinan Puskesmas se-Kota Padang, terutama untuk melakukan akselerasi. Dengan demikian dapat melahirkan kesepakatan dan kemauan yang kuat untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Begitu juga mewujudkan Puskesmas yang kokoh serta dapat berkonsolidasi, berkolaborasi dan berekspresi dalam menyukseskan program pemerintah khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini," ucap Dewan Pembina DPC APKESMI Kota Padang tersebut.

Ia juga mengharapkan APKESMI mampu menjalankan program organisasi dengan baik. "Bahkan dapat menciptakan wadah akselerasi serta membangun komunikasi dan berkolaborasi antar Puskesmas yang saat ini berjumlah 24 unit di Kota Padang," harapnya.

Sementara, Ketua DPW APKESMI Sumbar, dr Winanda MARS mengatakan, DPC APKESMI Kota Padang ini merupakan DPC pertama yang terbentuk di Sumbar.

"Kami berharap DPC APKESMI Kota Padang dapat menjadi inspirasi dan inisiator untuk kabupaten/kota lainnya untuk segera membentuk kepengurusan DPC," tuturnya.

Dengan adanya kepengurusan DPC APKESMI di kabupaten kota akan lebih memudahkan untuk berkoordinasi. Kemudian juga terkait dengan lintas sektor seperti dinas kesehatan akan lebih fleksibel.

"Jadi, kalau di bawah Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMI) akan lebih mudah untuk berkoordinasi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," tuturnya.DPW APKESMI Sumbar, sebut Winanda, berencana melakukan akselerasi atau percepatan untuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas. "Selama APKESMI terbentuk di Sumbar, baru satu kabupaten Agam Puskesmasnya sudah BLUD. Mudah-mudahan kabupaten kota lainnya,Dengan adanya APKESMI bisa lebih terpacu dan lebih mudah mendapatkan informasi berkaitan dengan BLUD ini," sebut Winanda sambil menambahkan tak hanya BLUD, termasuk juga akreditasi Puskesmas. "Dengan adanya APKESMI, informasi-informasi berkaitan dengan persiapan-persiapan akreditasi lebih terkoordinir dan lebih mudah aksesnya. Sehingga, Puskesmas di kabupaten kota dapat meningkatkan strata akreditasi. Mudah-mudahan ke depannya, banyak akreditasi Puskesmas di Sumbar paripurna," harap Kepala Puskesmas Padangpasir ini.

Komentar