FJKIP Padangpanjang Segera Terbentuk

Metro- 15-02-2022 20:36
Pengurus FJKIP Kota Padangpanjang saat audensi dengan PPID Utama Kota Padangpanjang, Ampera Salim menyangkut persiapan pelantikan, Selasa (15/2). (Dok : Istimewa)
Pengurus FJKIP Kota Padangpanjang saat audensi dengan PPID Utama Kota Padangpanjang, Ampera Salim menyangkut persiapan pelantikan, Selasa (15/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpanjang, Arunala - Sejumlah wartawan yang akan menggawangi Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kota Padangpanjang, beraudiensi dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Padangpanjang, Ampera Salim, di ruang kerjanya, Selasa, (15/2).

Audiensi yang digelar di kantor Dinas Kominfo di kota itu berhubungan dengan persiapan agenda pelantikan kepengurusan FJKIP kota setempat yang struktur kepengurusannya telah disahkan oleh FJKIP Sumbar medio Januari 2022 lalu.

Struktur kepengurusan itu periode 2022-2025 berisikan seluruh jurnalis peliput di kota yang berjuluk Serambi Mekkah itu. Struktur kepengurusan ini juga dilengkapi delapan bidang yang setiap bidang diketuai koordinator bidang.

Baca Juga

Ketua FJKIP Kota Padangpanjang, Alfian YN mengatakan, audiensi bersama PPID Utama Kota Padangpanjang, Ampera Salim penting dilakukan karena PPID Utama merupakan mitra kerja utama FJKIP.

"Berhubung PPID Utama adalah mitra kerja utama kami, maka kami merasa perlu beraudiensi terutama menyangkut agenda pelantikan dan pengukuhan kepengurusan FJKIP Kota Padangpanjang," kata Alfian.

Dengan kata lain, sebut Alfian, FJKIP Kota Padangpanjang akan segera melakukan pelantikan kepengurusan yang akan digelar pada minggu pertama Maret mendatang.

"Saat ini pengurus melakukan persiapan pelantikan/pengukuhan kepengurusan sesuai dengan SK yang telah dikeluarkan oleh FJKIP Sumbar," sebutnya lagi.

Selain itu, pelantikan juga akan dibarengin dengan pelaksanaan bimtek keterbukaan informasi yang diikuti seluruh pengurus dan anggota FJKIP dan PPID pembantu yang ada di masing-masing OPD.

"Kami juga berkoordinasi dengan Kominfo sebagai PPID utama untuk melakukan bimtek kepada pengurus dan juga PPID pembantu, yang mana nanti akan menghadirkan pihak FJKIP Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar sebagai narasumber," tutur Alfian.

Dengan pelantikan kepengurusan itu, Alfian berharap FJKIP dapat dikenal oleh masyarakat dan dapat bersumbangsih dan bermitra dengan pemerintah daerah dalam hal keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

Sementara itu, Ampera Salim yang juga pejabat Kepala Dinas Kominfo Kota Padangpanjang, mengatakan keberadaan FJKIP ini sejalan dengan pemko khususnya PPID Utama dalam hal keterbukaan informasi publik.

"FJKIP yang merupakan mitra dari PPID Utama, tentu akan mendorong keterbukaan informasi publik atau transparasi informasi kepada masyarakat, yang mana pada tahun kemarin PPID Kota Padangpanjang juga mendapat peringkat ke-2 dari penilaian yang dilakukan KI Sumbar," ucapnya. (*)

Komentar