Bawaslu Agam Dirikan Pojok Pengawasan di Dua Nagari

Metro- 25-02-2022 21:26
Ketua Bawaslu Agam, Elvys bersama Kasi Windra Purnama sesuai lakukan penandatanganan kerjasama pojok pengawasan Perpustakaan Bahrul Ulum Nagari Lubuk Basung, Jumat (25/2). (Dok : Istimewa)
Ketua Bawaslu Agam, Elvys bersama Kasi Windra Purnama sesuai lakukan penandatanganan kerjasama pojok pengawasan Perpustakaan Bahrul Ulum Nagari Lubuk Basung, Jumat (25/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Agam, Arunala - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam resmikan dua fasilitas Pojok Pengawasan di dua nagari berbeda di kabupaten itu, Jumat (25/2).

Dua pojok pengawasan yang dibuat itu masing-masing berada di Perpustakaan Nagari Manggopoh dan Perpustakaan Bahrul Ulum Nagari Lubuk Basung.

Peresmian dua pojok pengawasan di dua tempat berbeda bersamaan dilakukan.

Baca Juga

Di Nagari Manggopoh, peresmian dilanjutkan dengan menandatangani kerjasama yang dilakukan tiga anggota Bawaslu Agam masing-masing Okta Muhlia, Eri Efendi dan Hendra Susilo dengan Wali Nagari Manggopoh, Ridwan.

Sedangkan peresmian pojok pengawasan di Nagari Lubuk Basung dilakukan kerjasama ditandatangani Ketua dan anggota Bawaslu Agam, Elvys dan Iska Asmarni, serta Korsek Bawaslu-nya, Yuli Zamra bersama Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra.

"Membangun kerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah dan organisasi, merupakan kegiatan hubungan antar lembaga yang terus dilakukan Bawaslu Agam untuk membangun sinergi dengan semua pihak dalam mensukseskan pemilu dan pemilihan 2024," ungkap Ketua Bawaslu Agam, Elvys di kesempatan itu.

Menyinggung pojok pengawasan dibuat itu, Elvys menjelaskan, merupakan salah satu program pengawasan partisipatif yang digagas Bawaslu secara nasional.

Di samping itu, ia berharap melalui perjanjian kerja sama ini mampu meningkatkan partisipasi pemilih di Nagari Lubuk Basung dan berperan aktif dalam pengawasan pemilu 2024 nantinya.

Elvys menerangkan alasan pihaknya memilih kerja sama dengan Perpustakaan Bahrul Ulum Nagari Lubuk Basung karena perpustakaan ini meraih prestasi nasional tiga kali berturut-turut sebagai Perpustakaan terbaik Nasional.

"Berdasarkan hal itu, kami melihat peluang untuk jalin kerjasama dengan pemerintahan Nagari Lubuk Basung dan Nagari Manggopoh tentang pendidikan politik pada pemilih dan pengembangan pengawasan partisipatif", pungkas Elvys.

Baik Plt Camat Lubuk Basung, Rizona Guiza yang hadir di Nagari Manggopoh, dan Kasi Trantib, Windra Purnama yang mewakili penandatanganan kerjasama di Nagari Lubuk Basung sama-sama mengapresiasi langkah yang dibuat Bawaslu Agam itu.

"Langkah yang dilakukan Bawaslu Agam ini sebagai upaya memberikan pemahaman politik pada masyarakat melalui program pengawasan partisipatif," kata Rizona Guiza.

Komentar