Kota Pariaman akan Laksanakan 18 Pilkades Serentak

Metro- 02-02-2022 15:53
Kepala (DPMDes) Kota Pariaman, Hendri, menjelaskan tahapan Pilkades di acara rapat koordinasi dengan panitia pilkades, Rabu (2/2). (Dok : Istimewa)
Kepala (DPMDes) Kota Pariaman, Hendri, menjelaskan tahapan Pilkades di acara rapat koordinasi dengan panitia pilkades, Rabu (2/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Persiapan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak untuk 18 kepala desa yang habis masa jabatannya untuk di tiga kecamatan di Kota Pariaman, terus dimatangkan pihak panitia.

Seperti yang terlihat dalam rapat koordinasi menyangkut pelaksanaan tahapan pilkades, Rabu (2/2), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kota Pariaman, Hendri memaparkan berbagai persiapan yang harus dilakukan.

"Ada empat kepanitian pilkades serentak yang telah dibentuk yaitu, panitia tingkat kota, panitia tingkat kecamatan, panitia tingkat desa, dan KPPS. Dalam kepanitian itu melibatkan unsur Forkopimda, camat, dan OPD terkait dengan tupoksi masing-masing," kata Hendri.

Baca Juga

Sedangkan untuk calon kepala desa, jelas Hendri, siapapun boleh ikut mencalonkan diri sebagai kades asalkan warga negara Indonesia, atau dimanapun yang mereka inginkan.

"Tentunya harus sesuai dengan Permendagri 72 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Permendagri 112 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa, yang jadi salah satu dasar hukum pilkades," ungkap Hendri lagi.

Hendri menambahkan, tahapan pilkades yang akan dilakukan Februari nanti, sudah bisa melaksanakan berbagai tahapan antara lain tahap pengumuman, pendaftaran, penjaringan, penetapan calon dan masa pelaksanaan pencoblosan/pemungutan suara.

Dia menjelaskan, di Kota Pariaman ini, ada 18 kepala desa yang habis masa jabatannya yang ada di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Pariaman Utara (10 desa), Kecamatan Pariaman Timur (tiga desa), dan Kecamatan Pariaman Selatan (lima desa).

Selain memaparkan tahapan pelaksanaan pilkades, Hendri juga menyampaikan adanya bantuan pengamanan dari Polres Pariaman selama pelaksanaan pilkades berlangsung.

"Para personel dan perwira yang diterjunkan Polres itu akan ditempatkan di sejumlah TPS di masing-masing desa yang menggelar pemilihah," Hendri menjelaskan.

Selain itu, imbuhnya, Polres Pariaman juga siapkan 30 personel Dalmas yang ditempatkan di Polres. Aparat ini nantinya akan mem-backup seandainya ada terjadi insiden yang tidak diinginkan, maka Dalmas sudah siap untuk segera pergi ke lokasi kejadian.

"Jadi saya berharap, semua tahapan pilkades yang telah ditetapkan tersebut bisa berjalan lancar, sukses, aman, dan terkendali hingga ke tahapan pemilihan nantinya," kata Hendri.

Komentar