Adil Mubarak Jabat Ketua FKPT Sumbar

Metro- 03-03-2022 11:21
Kepala  Badan Kesbangpol Sumbar, Jefrinal Arifin, saat pertemuan dengan pengurus FKPT Sumbar yang baru, Rabu (2/3). (Dok : Istimewa)
Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Jefrinal Arifin, saat pertemuan dengan pengurus FKPT Sumbar yang baru, Rabu (2/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumbar miliki ketua barunya yaknj Adil Mubarak.

Pelantikan ketua ini langsung dilakukan oleh Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafly Amar di Malang Jawa Timur serentak bersama pengurus FKPT provinsi lainnya, pada Senin malam (14/2) lalu.

Selain Adil Mubarak, jajaran pengurus FKPT Sumbar yang ikut dilantik, yakni Fajar Noor Ramadhian (Sekretaris), Ridwan Hosen (Bendahara).

Baca Juga

Kemudian Kabid Agama, Sosial Ekonomi dan Budaya, Rahmat Tuanku Sulaiman, Kabid Pemuda dan Pendidikan, Marta Suhendra, Kabid Perempuan dan Anak, Ruri Juswira, serta Kabid Media Massa, Hukum dan Humas, Heranof Firdaus.

Adil Mubarak menjadi ketua baru FKPT Sumbar untuk periode 2022-2025. Dirinya menggantikan Ketua FKPT periode 2019 - 2021, Zaim Rais.

Terpilihnya Adil Mubarak ini jadi harapan besar bagi Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Jefrinal Arifin, mengingat sekaligus menekankan pentingnya merawat kedamaian, khususnya yang ada di Sumbar.

"Untuk diketahui, di Sumbar ada 15 etnis dan ada enam agama yang ada di Sumbar. Dengan beragam etnis dengan masing-masing pemeluk agama ini hidup rukun dan dikokohkan dari peran organisasi kemasyarakatan seperti FKPT, FKUB, FKDM, dan Forum Pembauran," kata Jefrinal saat pertemuan dengan pengurus FKPT Sumbar yang baru di Padang, Rabu (2/3) sore kemarin.

Dengan adanya empat forum itu, Jefrinal untuk berkolaborasi menjadikan Sumbar sebagai provinsi yang inklusif dan tentu saja sebagai provinsi yang mengedepankan harmonisasi.

"Selain itu, dengan adanya FKPT hendaknya bisa membuat Sumbar menjadi provinsi yang jauh dari isu-isu radikalisme apalagi terorisme," kata Jefrinal.

Ketua FKPT periode 2019 - 2021, Zaim Rais, yang hadir pada kesempatan itu menyebutkan regenerasi memang hal yang lumrah di semua organisasi, termasuk FKPT.

"Kini giliran kaum muda, yang akan meneruskan upaya membuat Sumbar jadi provinsi harmoni, jauh dari isu radikalisme dan terorisme," kata Zaim.

Sementara itu Ketua FKPT yang baru, Adil Mubarak menyampaikan terimakasih kepada Badan Kesbangpol Sumbar dan pengurus FKPT sebelumnya atas dukungan dan dorongan untuk pengurus baru menjalankan tugas yang diamanahkan BNPT.

Adil menyebutkan dalam tahun ini sebagai mana tahun sebelumnya FKPT akan melaksanakan lima kegiatan di Padang dan di empat kota lainnya di Sumbar.

"Bentuknya masih lebih banyak berupa sosialisasi dan seminar tentang pencegahan radikalisme dan terorisme," kata Adil.

Komentar