POGI Sumbar Peduli Kemanusiaan

Metro- 03-03-2022 18:18
POGI Sumbar Peduli Kemanusiaan
POGI Sumbar Peduli Kemanusiaan

Penulis: Fajril

Pasbar, Arunala - Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumbar bersama PPDS Obgin Fakultas Kedokteran Universitas Andalas-RSUP Dr M Djamil Padang menunjukkan kepedulian terhadap korban gempa Pasaman-Pasaman Barat.

Kamis ini (3/3), POGI Sumbar bersama PPDS Obgin melakukan pengabdian masyarakat sekaligus menyalurkan bantuan.

Aksi kemanusiaan yang difokuskan pada ibu hamil itu dilakukan di Posko Utama Kantor Bupati Pasaman Barat dan Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat serta nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman.

Baca Juga

Sebanyak 30 dokter diturunkan dalam aksi kemanusiaan itu. Ada pun pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan kehamilan melalui USG.

Sementara untuk bantuan meliputi 125 paket nutrisi ibu hamil dan 135 paket persalinan yang didistribusikan di tiga titik tersebut.

"Kebetulan kami dari perkumpulan dokter kandungan se-Sumatera Barat turun ke lapangan untuk menunjukkan rasa peduli kemanusiaan terhadap ibu hamil yang terdampak bencana gempa," kata Ketua POGI Sumbar Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM didampingi Kepala PPDS Obgin Fakultas Kedokteran Unand-RSUP M Djamil, Dr dr Bobby Indra Utama SpOG K kepada Arunala.com .

Dovy mengatakan pascabencana, ibu hamil ini rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Makanya, pihaknya mengadakan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kehamilan melalui USG.

"Di samping itu, kami memberikan bantuan berupa nutrisi ibu hamil. Bantuan ini diperuntukkan untuk ibu hamil dengan usia kandungan di bawah 8 bulan. Dikarenakan ibu hamil membutuhkan nutrisi untuk kesiapan kehamilannya," ucap Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP DR M Djamil ini.

Kemudian, sebut Dovy, pihaknya juga memberikan bantuan paket persalinan. Bantuan ini diberikan kepada ibu hamil dengan usia kandungan 8-9 bulan.

"Dengan pemberian paket persalinan ini mudah-mudahan dapat meringankan beban ibu hamil yang terdampak bencana gempa saat persalinan nanti," harap Dovy.

Pada kesempatan itu, Dovy pun memberikan motivasi kepada ibu hamil di Nagari Kajai. Di nagari itu terdata sebanyak 54 ibu hamil.

"Kepada ibu hamil saya meminta untuk tetap semangat dan jaga kesehatan Tak kalah pentingnya untuk tetap memenuhi asupan gizi selama kehamilan," ajaknya.

Sementara itu, salah seorang ibu hamil, Licia Yendri, 34, mengaku senang mendapatkan bantuan paket nutrisi ibu hamil ini.

"Alhamdulillah. Terima kasih kepada POGI Sumbar atas bantuan yang diberikan kepada kami ibu hamil yang terdampak bencana gempa ini," ucap Licia yang tengah hamil 7 minggu.

Licia mengatakan bantuan paket nutrisi ibu hamil ini bermanfaat baginya. Bantuan ini menunjang nutrisinya menjalani kehamilan. Apalagi, dia harus tinggal di tenda pengungsian.

"Sangat bermanfaat sekali bantuan ini. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," tutur ibu yang tengah mengandung anak ketiga ini.

Komentar