Ratusan Warga Sungai Limau Jalani Operasi Katarak Gratis

Metro- 12-02-2022 14:05
Wabup Rahmang meninjau ruang operasi katarak yang dilaksanakan FDOK Unand di Puskesmas Sungai Limau Nagari, Sabtu pagi (12/2). (Dok : Istimewa)
Wabup Rahmang meninjau ruang operasi katarak yang dilaksanakan FDOK Unand di Puskesmas Sungai Limau Nagari, Sabtu pagi (12/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, membuka kegiatan bakti sosial operasi Katarak oleh Bagian Mata Fakultas Kedokteran (FDOK) Universitas Andalas (Unand), di Puskesmas Sungai Limau Nagari Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau, Sabtu pagi (12/2).

Dalam sambutannya, Rahmang mengatakan, tiap tahun penderita katarak di Padangpariaman naik.

"Untuk Padangpariaman, jumlah angka kebutaan mencapai 3 persen dari jumlah populasi penduduk di kabupaten ini, dan 81 persen diantaranya kebutaan disebabkan oleh katarak," ungkap Rahmang.

Baca Juga

Walaupun, sebutnya, telah banyak organisasi sosial maupun perusahaan besar, yang lebih dulu melaksanakan aksi serupa, seperti bantuan biaya berobat dan layanan operasi gratis, namun hal itu belum menunjukkan berkurang penyakit katarak di tengah masyarakat.

"Permasalahan yang dihadapi saat ini, masih kurangnya tenaga Dokter spesialis mata. Umumnya penderita mata katarak, kemampuan ekonominya berada di level menengah ke bawah. Sehingga, mereka tidak mampu untuk membayar biaya operasi di rumah sakit maupun klinik dokter spesialis," ucap Rahmang lagi.

Permasalahan ini, terangnya, tentu tidak bisa ditangani sendiri oleh pemkab, melainkan harus melibatkan semua pihak, dengan bersama-sama bergerak untuk membantu mereka yang membutuhkan.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah seperti bakti sosial operasi katarak seperti yang dilaksanakan pada hari ini (Sabtu, red)," imbuh Rahmang.

Sementara, laporkan pihak penyelenggara menunjukan dari hasil skrining mata yang telah dilakukan Sabtu (5/2) kemarin, didapatkan ada 144 orang penderita katarak yang memenuhi syarat untuk dioperasi.

"Melihat tingginya minat masyarakat ikut operasi katarak pada Sabtu ini, saya pesankan kepada teman-teman dari Bagian Mata FDOK Unand agar kegiatan sosial ini lebih disosialisasikan lagi kepada masyarakat luas. Karena, banyak masyarakat yang belum tahu dan mereka memiliki gangguan pada pengelihatan," tukas Rahmang.

Sedangkan Dekan FDOK Unand, Dr. dr. Afriwadhi M, SH.,Sp.KO, MA, menyampaikan ucapan terima kasih pada Pemkab Padangpariaman, atas perhatian dalam memfasilitasi kegiatan itu.

Disamping bakti sosial, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan upaya untuk memberikan pelatihan kompetensi bagi dokter muda.

"Tentunya ini memerlukan keseriusan dan temuan kasus-kasus di tengah masyarakat. Namun demikian bhakti sosial ini bukan diperuntukan bagi pelatihan, tetapi dilaksanakan sesuai dengan standarisasi akademis serta tuntutan dari tri dharma perguruan tinggi. Sehingga nantinya, dapat menaikan akreditasi dan standarisasi bagi lulusan kami", harapnya," kata Afriwadhi.

Komentar