Gusriyono: Jurnalis JKIP Pessel Milik Integritas

Metro- 25-01-2022 17:04
Ketua FJKIP Sumbar, Gusriyono saat melantik pengurus JKIP Pessel, Selasa (25/1). (Dok : Istimewa)
Ketua FJKIP Sumbar, Gusriyono saat melantik pengurus JKIP Pessel, Selasa (25/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik Pesisir Selatan (Pessel) resmi terbentuk.

Ketua dari JKIP Pessel ini, dipegang Mario Rossy, yang merupakan koresponden jurnalis dari harian Posmetro Padang di Pesisir Selatan (Pessel) resmi dilantik menjadi Ketua Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik Pessel.

Pelantikan dilakukan ketua FJKIP Sumbar, Gusriyono itu juga dihadiri Sekkab Pessel, Mawardi Roska, Wakil Ketua KI Sumbar, Arif Yumardi dan Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi, di salah satu hotel di Painan, Selasa (25/1).

Baca Juga

Mario Rossy SJ dibantu Sekretaris JKIP Pessel, Canang Bagus Prahara Umpu, Bendahara Rega Desfinal, Bidang Monitoring dan Sosialisasi Bambang Putra Niko dengan anggota Aldasman.

Ketua FJKIP Sumbar, Gusriyono seusai pelantikan menyebutkan optimismenya dengan keberadaan JKIP Pessel ini.

"Saya yakin dan optimistis pengurus JKIP Pessel adalah jurnalis berintegritas dan profesional dalam menjalankan tugas jurnalia dan menjadi pelindung informasi publik," kata Gustiyono.

Terpisah, Ketua KI Sumatera Barat Nofal Wiska menegaskan, jurnalis dalam mengawal keterbukaan informasi seperti memiliki kekuatan yang cukup besar.

Diibaratkan senjata, jurnalis memiliki pedang bermata dua yang sama tajam, yaitu UU nomor 14 tahun 2008 tentang KIP dan UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pokok-pokok Pers.

"Pedang itu harus dipegang oleh orang yang tepat, maka jadilah pendekar kebaikan memastikan keterbukaan informasi publik benar-benar berjalan sesuai amanah undang-undang tersebut," tegasnya.

Komentar