Guspardi Gaus Terima Penghargaan AMP 2021

Metro- 01-01-2022 14:42
Ketua dan anggota KI Sumbar bersama anggota DPR RI, Guspardi Gaus usai penyerahan penghargaan AMP 2021 di Padang, Jumat (31/12). (Dok : Istimewa)
Ketua dan anggota KI Sumbar bersama anggota DPR RI, Guspardi Gaus usai penyerahan penghargaan AMP 2021 di Padang, Jumat (31/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, satu dari 12 tokoh yang mendapatkan achievement motivation award (AMP) atau tokoh keterbukaan informasi publik (KIP) 2021 dari Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Penghargaan untuk Legislator itu diserahkan KI Sumbar kepada Guspardi Gaus di kantor KI, dipenghujung tahun 2021, tepatnya Jumat (31/12).

Selain menerima AMP Award 2021, Guspardi juga menampung aspirasi terkait Komisi Informasi tingkat provinsi.

Baca Juga

"Jadi Komisi Informasi Sumbar ini anggarannya dari APBD, tentu ada kaitannya dengan mitra saya di Komisi II Kemendagri," ujar Guspardi.

Sedangkan Wakil Ketua KI Sumbar, Arif Yumardi mengakui bahwa ada beda antara KI Pusat dengan daerah.

"Kalau KI Pusat difasilitasi dan anggarannya di Kementerian Kominfo, tapi kalau daerah itu diAPBD harus mempedomani aturan dari Kemendagri," ujar Arif.

Adrian Tuswandi, Komisioner KI Sumbar yang lain berharap sangat Guspardi Gaus bisa berdialog soal regulasi memperkuat kerja KI provinsi se Indonesia.

"Ini aspirasi pak Guspardi, semoga bisa jadi bahan bincang Pak Guspardi dengan Kemendagri nanti," ujar Adrian

Tanti Endang Lestari selaku Ketua Monev Badan Publik yang juga komisioner KISB mengatakan AMP award 2021 ke Guspardi Gaus telah melewati tracking dari KI sendiri.

"Ada kekuatan dari Pak Guspardi Gaus dalam memproduksi informasi selaku waki rakyat sarat nilai-nilai informasi publik, itu tracking kita di 2021," ujar Tanti.

Guspardi saat menerima AMP award mengaku terkejut awalnya. "Terkejut, karena berpikir apa indikator KI Sumbar menetapkan saya selalu tokoh keterbukaan informasi publik 2021. Setelah disampaikan alasan lewat surat resmi akhirnya keterkejutan saya itu terjawab sudah," ujar Guspardi.

"Surprise dan jadi cemeti saya berkinerja lebih baik lagi atas pengharagaan dari KISB ini," ujar Guspardi.

Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska, juga berharap Guspardi menjadi triger keterbukaan informasi publik di DPR RI dan mitra kerja Komisi II.

"Popularitas lembaga KI ini masih rendah, jadi tokoh KIP 2021 pak Guspardi menjadi triger populer bagi KI se Indonesia," ujar Nofal Wiska.

Komentar