Sudah 45.108 Anak Sekolah Divaksin di Padangpariaman

Metro- 17-03-2022 17:01
Wabup Padangpariaman, Rahmang saat buka lokakarya yang diadakan Jemari Sakato, Kamis (17/3). (Dok : Istimewa)
Wabup Padangpariaman, Rahmang saat buka lokakarya yang diadakan Jemari Sakato, Kamis (17/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Jaringan Kerja Pengembang Partisipasi Indonesia (Jemari) Sakato, gelar lokakarya perencanaan pelaksanaan vaksinasi berbasis masyarakat di kabupaten itu, Kamis (17/3).

Kegiatan yang diadakan di hall IKK Padangpariaman Kawasan Parit Malintang ini dibuka Wakil Bupati Rahmang.

Direktur Eksekutif Jemari Sakato, Robi Syafwar berharap lokakarya ini bisa berjalan dengan baik dan targetnya terkait dengan kegiatan ini bisa tercapai.

Baca Juga

"Untuk bisa tercapainya target yang telah disepakati, dukungan dari Pemkab Padangpariaman sangat kami harapkan," ucap Robi.

Sedangkan, Wabup Rahmang menyebutkan, tepat tiga tahun berlalu seluruh tempat di dunia mengalami pandemi Covid-19 termasuk Kabupaten Padangpariaman.

"Pandemi ini menyebabkan banyak agenda dan kegiatan penting yang tidak bisa diabaikan, seperti sektor pendidikan dan sektor pertanian," kata Rahmang.

Dia berharap dengan adanya lokakarya ini dapat menambah sudut pandang baru terkait percepatan vaksinasi di Padangariaman. "Semoga bisa menjadi bahan evaluasi tentang bagian mana yang belum maksimal dalam ikhtiar yang telah dilakukan," ujar Rahmang lagi.

Di sisi lain, Anggun Mustika Yanti, pemateri dalam lokakarya itu mengungkapkan, penerima manfaat dalam kegiatan ini adalah Kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai dengan target vaksinasi berjumlah 2.000 orang dengan skala 20-30 persen penerimanya adalah usia anak-anak.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk vaksin di daerah tersebut dengan cara menyediakan dukungan psikososial bagi penerima vaksin.

Di samping juga mengembangkan tata kelola pelaksanaan vaksinasi yang sesuai prokes, kenyamanan, dan akses yang adil," paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Yutiardy Rivai menerangkan, kondisi vaksinasi pada usia anak-anak di Kabupaten Padangpariaman cukup banyak.

"Total sasaran vaksinasi Covid-19 untuk usia anak-anak yaitu 6-11 tahun di kabupaten ini berjumlah 45.108 orang," kata Yutiardy Rivai.

Komentar