PMI Kota Pariaman Latih 40 Orang KSR Muda

Metro- 21-03-2022 15:22
Asisten ll Setko Pariaman, Elfis Chandra saat membuka pelatihan KSR yang diadakan PMI dan BPBD kota tersebut, Senin (21/3). (Dok : Istimewa)
Asisten ll Setko Pariaman, Elfis Chandra saat membuka pelatihan KSR yang diadakan PMI dan BPBD kota tersebut, Senin (21/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Mulai Senin (21/3) hingga Senin (28/3) mendatang, sebanyak 40 orang mahasiswa dari sejumlah kampus yang ada di Kota Pariaman ikuti pelatihan dasar Korps Sukarela (KSR) PMI 2022 di kota itu.

Pelatihan ini diadakan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota tersebut, dan acara ini dibuka Asisten ll Setko Pariaman, Elfis Chandra mewakili wali kota.

"Pelarihan KSR yang diikuti para mahasiswa itu, tidak lain memberikan pengetahuan dan pengalaman secara solidaritas bagi KSR untuk memahami dalam bertindak saat terjadi bencana, karena daerah Kota Pariaman merupakan salah satu daerah rawan bencana," kata Elfis Chandra.

Baca Juga

Menurutnya, pemahaman manajeman penanggulangan bencana penting dikuasai, karena hal itu memberikan pengetahuan bagaimana cara atau langkah mengantisipasi dampak yang lebih besar dari sebuah kejadian bencana.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Pariaman, Mulyadi menyampaikan, berdasarkan data PMI kota itu di 2021, memiliki 43 orang relawan saja, sedangkan yang aktif sampai saat ini hanya sekitar 25 orang.

"Melihat kondisi itu, kami buat pelatihan KSR bekerjasama dengan BPBD, dengan harapan keberadaan KSR di Kota Pariaman jadi bertambah," ujar Mulyadi.

Untuk diketahui Korps Sukarela (KSR) adalah kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa dan perseorangan yang atas kesadaran sendiri menyatakan menjadi anggota KSR.

Komentar