Insannul Kamil: Unand Harus Ambil Bagian dalam Edukasi Kebencanaan

Metro- 25-03-2022 20:48
Wakil Rektor 3 Universitas Andalas (Unand), Insannul Kamil saat berikan masukan saat FGD yang digelar Fakultas Teknik dan Ketua Jurusan Teknik Sipil Unand, di kampus Limau Manih, Jumat sore (25/3). (Dok : Istimewa)
Wakil Rektor 3 Universitas Andalas (Unand), Insannul Kamil saat berikan masukan saat FGD yang digelar Fakultas Teknik dan Ketua Jurusan Teknik Sipil Unand, di kampus Limau Manih, Jumat sore (25/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Wakil Rektor 3 Universitas Andalas (Unand), Ir Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D menyebutkan Unand harus ambil bagian mencerdaskan masyarakat di ring of fire, menghadapi bencana dan menguatkan tingkat kewaspadaannya tentang kebencanaan.

Hal ini dikemukakan Insannul Kamil dalam kegiatan Focus Group Discusion (FGD) yang diadakan Fakultas Teknik dan Ketua Jurusan Teknik Sipil Unand, di kampus Limau Manih, Jumat sore (25/3).

FGD yang bertemakan "Satu Bulan Pascagempa, Seberapa Tanggap Kita", bertepatan satu bulan pascagempa yang melanda Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman satu bulan lalu.

Baca Juga

Dalam pengamatannya, Insannul Kamil menyebutkan, masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana tak punya modal pengetahuan tentang kebencanaan, akibatnya kewaspadaan tidak kuat.

"Nah disinilah Teknik Sipil Unand harus ambil peran dalam hal penguatan kewaspadaan tentang kebencanaan seperti bencana gempa yang terjadi di Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman, dan totalitas melakukan pemulihan dampak gempa di daerah tersebut," ujar Insannul Kamil pada FGD dipandu Ilhamsyah Mirman itu.

Dia menerangkan, memulihkan dampak gempa sebetulnya tidak terlalu lama.

"Itu karena kita (Unand, red) punya semangat gotong royong dan kolaborasi, dan Unand siap berkontribusi. Pada masa pascagempa kemarin kepedulian Unand total, mulai reaksi cepat tim medis, lalu ada Pusat Studi Bencana Unand dan mengerakkan mahasiswa menjadi relawan termasuk trauma healing," ujar Insannul Kamil.

Dirinya berharap, edukasi masyarakat soal bencana dilakukan secara berkesinambungan, dan Unand harus mengambil peran di sana untuk pencerdasan masyarakat di daerah rawan gempa serta menguatkan tingkat kewaspadaan masyarakat akan bencana gempa tersebut.

Komentar