Ribuan Jamaah Padati Tausiyah UAS di Masjid Raya Sumbar

Metro- 27-03-2022 20:45
Ustad Abdul Somad saat berikan tausiah kepada jemaah yang hadir di Masjid Raya Sumbar, Minggu sore (27/3). (Dok : Istimewa)
Ustad Abdul Somad saat berikan tausiah kepada jemaah yang hadir di Masjid Raya Sumbar, Minggu sore (27/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Ustad kondang Abdul Somad (UAS) menyampaikan berpuasa tidak hanya sekadar menahan makan dan minum, umat muslim juga harus mampu menahan mata, emosi, lisan dan lainnya dari hal-hal negatif yang bisa merusak amalan puasa.

Ini disampaikan UAS saat berikan tausiah kepada ummat muslim tentang persiapan menyambut datangnya bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah/2022, di Masjid Raya Sumbar, Minggu sore (27/3).

Kehadiran Ustad kondang asal Riau ini di Masjid Raya Sumbar sudah ditunggu-tunggu puluhan ribu jamaah sejak Minggu siang. Dalam tausiyahnya, UAS menyampaikan beberapa amalan ibadah yang bisa dilakukan oleh umat muslim.

Baca Juga

"Selain puasa, shalat malam juga termasuk amalan besar yang bisa mendulang pahala berlipat di bulan suci," kata UAS dihadapan para jamaah.

Amalan lainnya menurut UAS adalah memanfaatkan waktu shuruq, yakni berdiam diri di masjid sambil berzikir hingga matahari terbit

"Barang siapa yang sholat pagi hari (subuh) secara berjamaah, kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga terbitnya matahari, kemudian ia sholat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala mengerjakan haji dan umrah. Rasulullah SAW bersabda, 'Sempurna, sempurna, sempurna." ujar UAS mengutip hadist riwayat Imam At-Tirmidzi.

Selama Ramadan, UAS juga mengajak jamaah mendekatkan diri dan memperbanyak bacaan Al Quran, seperti yang dilakukan para sahabat, orang-orang sholeh dan ulama terdahulu.

"Semangat Ramadan adalah semangat jihad dan semangat perjuangan, tidak loyo dan lunglai atau menjadi alasan untuk tidak produktif. Begitu banyak sejarah besar dalam Islam maupun negara ini yang terjadi di dalam bulan Ramadhan," sambung UAS.

Terakhir, UAS tidak lupa mengajak umat Islam untuk menunaikan zakat fitrah didalam bulan Ramadan yang telah bisa ditunaikan sejak awal Ramadan.

Dalam tausiyahnya, UAS juga mengapresiasi program lapor subuh ASN Pemprov Sumbar yang diinstruksikan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Mahyeldi, sebelumnya menyampaikan apresiasinya atas kehadiran UAS ke Sumbar dalam rangka melaksanakan serangkaian kegiatan di Sumbar.

Kehadiran UAS, menurut Mahyeldi menjadi obat kerinduan jemaah yang telah lama tidak hadir ke Sumbar.

"Atas nama Pemprov Sumbar, kami menyampaikan terimakasih atas kehadiran Ustad Abdul Somad di Sumbar. Apalagi kajian UAS tentang Ramadan, dan kita juga sebentar lagi memasuki bulan puasa, maka mudah-mudahan dengan kajian ini akan menjadikan Ramadan kita tahun ini menjadi bulan terbaik daripada Ramadan sebelumnya," harap Mahyeldi.

Komentar