Khairul Nizam: Dinas Perikanan Siap Fasilitasi Masyarakat

Metro- 06-04-2022 23:35
Kadis Perikanan Padangpariaman, Khairul Nizam serahkan secara simbolis bantuan pemkab kepada Wali Nagari Seulayat Ulakan, Muhammad Idris, Rabu malam (6/4). (Foto : Arzil)
Kadis Perikanan Padangpariaman, Khairul Nizam serahkan secara simbolis bantuan pemkab kepada Wali Nagari Seulayat Ulakan, Muhammad Idris, Rabu malam (6/4). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Salah satu tim Safari Ramadan 1443 Hijriah/2022 Masehi Kabupaten Padangpariaman yang dipimpin Kepala Dinas Perikanan, Khairul Nizam mengunjungi Surau Diaur, Kenagarian Seulayat Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Rabu malam (6/4).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padangpariaman, Khairul Nizam dalam kunjungan malam itu menyampaikan, beberapa hal terkait tujuan kehadiran Tim Safari Ramadan kabupaten ini.

"Sesuai instruksi bupati, Pemkab Padangpariaman tahun ini membentuk 34 Tim Safari Ramadan di tahun ini. Dan semua tim itu akan mengunjungi masjid dan musala di setiap kecamatan dan nagari di Padangpariaman," kata Khairul Nizam.

Baca Juga

Selain hal di atas, lanjutnya, tujuan kehadiran Tim Safari Ramadan ini untuk membangun silaturahim dan komunikasi dengan masyarakat, sambil menjelaskan apa saja program yang telah dan akan dilakukan pemkab, sekaligus ajang menampung aspirasi masyarakat, yang nantinya akan diakomodir pemkab.

Di kesempatan itu, Khairul Nizam juga menjabarkan tupoksi dari dinasnya baik menyangkut sektor perikanan tangkap, budi daya dan juga upaya pembinaan terhadap usaha perikanan yang dibuat masyarakat.

Dirinya mengakui, untuk Kecamatan Ulakan Tapakis in ada kegiatan yang dilakukan Dinas Perikanan, diantaranya penyerahan bantuan alat tangkap perikanan bagi nelayan setempat.

"Adapun keinginan Wali Nagari Seulayat Ulakan yang ingin buat lubuk ikan larangan, kami siap memfasilitasinya, silakan dibuat, siapkan SK kepengurusan kelompok pengelolaannya, selanjutnya menyiapkan lokasinya berikut luasnya agar kami bisa menyerahkan bibit ikan yang dibutuhkan," kata Khairul Nizam.

Dia menambahkan, Dinas Perikanan Padangpariaman juga akan buat pos pengawas di pinggir pantai Ulakan Tapakis ini, dan anggaran dari pemerintah pusat.

"Dengan adanya pos pengawasan ini, berbagai kegiatan perikanan tangkap bisa diawasi," pungkas Khairul Nizam.

Berkaitan dengan pembangunan Padangpariaman, Khairul Nizam menjelaskan, sejatinya diawali dari hasil Musrenbang tingkat kecamatan.

"Untuk bisa mengetahui apa saja di perlu dilakukan di suatu nagari, makanya sangat dibutuhkan informasi dari wali nagari," tukas Khairul Nizam.

Dikesempatan itu, Tim Safari Ramadan yang dipimpin Khairul Nizam juga menyerahkan bantuan dari Pemkab Padangpariaman untuk Surau Diaur berupa lima buah Al Quran serta bantuan dana sebesar Rp5 juta.

Sebelumnya, Wali Nagari Seulayat Ulakan, Muhammad Idris menyampaikan terima kasihnya atas kunjungan Tim Safari Ramadan kabupaten itu.

Dia juga menyebutkan selain bisa silaturahmi, nagarinya juga butuh bantuan dari Dinas Perikanan Padangpariaman itu.

"Saat ini, kami ingin membuat lubuk ikan larangan, makanya kami minta saran dari dinas bagaimana membuat kelompok yang akan mengelola lubuk ikan larangan itu. Saya juga berharap agar rencana pembangunan pabrik es di Nagari Ulakan Tapakis ini bisa di realisasikan," kata Muhammad Idris.

Sementara itu, tausiah agama yang diberikan penceramah Tuanku Mudo Eriza saat kunjungan Tim Safari kabupaten itu menyampaikan agar umat Islam dan orang beriman untuk laksanakan puasa di bulan Ramadan.

"Jadi intinya, puasa itu wajib dilaksanakan puasa, satu bulan dalam satu tahun. Dan bagi orang beriman yang puasa dengan ikhlas selama bulan Ramadan, maka Allah SWT akan menghapuskan dosa-dosanya di tahun lalu," katanya.

Tuanku Mudo Eriza juga minta pada orang tua agar mendidik anak-anaknya untuk membiasakan puasa di bulan Ramadan ini, agar nantinya anak-anak itu jadi orang beriman nantinya.

Komentar