Babinsa dan Dinas Perdagangan Cek Kondisi Sembako dan Harga

Ekonomi- 12-04-2022 14:10
Babinsa Koramil 06/Koto Tangah (KTN), Peltu Yefrinaldi dan pihak Dinas Perdagangan Kota Padang saat cek harga di Pasar Lubuk Buaya, Selasa siang (12/4). (Foto : Derizon)
Babinsa Koramil 06/Koto Tangah (KTN), Peltu Yefrinaldi dan pihak Dinas Perdagangan Kota Padang saat cek harga di Pasar Lubuk Buaya, Selasa siang (12/4). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Babinsa Koramil 06/Koto Tangah (KTN) Kodim 0312/Padang bersama Dinas Perdagangan memantau kondisi minyak goreng dan cek harga sembako di Pasar Lubuk Buaya, Selasa siang (12/4).

"Bersama Dinas Perdagangan Kota Padang, kami lakukan pengecek ketersediaan minyak goreng dan harga sembako, serta antisipasi terjadinya kelangkaan pada bulan Ramadan kali ini," kata Babinsa Koramil 06/KTN, Peltu Yefrinaldi ketika ditanya Arunala.com , di Padang, di hari yang sama.

Pantauan di lapangan, saat Peltu Yefrinaldi lakukan pengecekan di Pasar Lubuk Buaya, terlihat dirinya sambil bersenda gurau degan penjual, menanyakan berbagai harga kebutuhan pokok yang lain seperti beras, gula, minyak goreng, telur, cabe, bawang serta kebutuhan pokok lainnya.

Baca Juga

"Perlu dilakukan pengecekan kebutuhan sehari-hari ke lapangan, dan bertanya langsung kepada pedagang, dan mewaspadai ada dugaan kesalahan pedagang menaikkan harga tanpa ada mengikuti kebijakan harga yang telah di tetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Hasil pengecekan tersebut, lanjut dia, sembako di jual pedagang Pasar Lubuk Buaya kondisi stabil.

"Harga yang stabil konsumen lebih nyaman dan betah untuk berbelanja di Pasar Lubuk Buaya," pungkas Peltu Yefrinaldi.

Plh Danramil 06/KTN, Kapten Inf Zaimal Candra menyebutkan, pengecekan dan pengawasan ketersediaan untuk mencegah adanya penimbunan stok hingga gangguan kamtibmas, mengingat beberapa hari kemarin terjadi kelangkaan minyak goreng.

Zaimal Candra menjelaskan, terjadinya kelangkaan ini dipicu minimnya pasokan barang sampai di pasar, seperti terjadi minyak goreng.

"Kelangkaan yang terjadi beberapa hari kemarin tentu dapat berpengaruh pada harga jual yang cenderung semakin mahal yang akan berdampak pada ekonomi masyarakat," jelas Zaimal Candra.

Sedangkan Kepala UPTD Pasar Lubuk Buaya Kota Padang, Angga mengimbau pada pelaku usaha untuk menghindari praktek penimbunan demi meraup keuntungan dengan menaikkan harga karena dapat merugikan masyarakat banyak.

"Di samping itu juga merupakan perbuatan melawan hukum," pungkas dia.

Komentar