Gagas I'm With Her, Advokasi Perempuan Dukung Perempuan

Metro- 12-04-2022 15:06
Erviera Syahnaz Maryam Lovienta, Puteri Indonesia Sumatera Barat 2022. (IG: @vieralovienta). (Dok : Istimewa)
Erviera Syahnaz Maryam Lovienta, Puteri Indonesia Sumatera Barat 2022. (IG: @vieralovienta). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Yayasan Puteri Indonesia telah mengumumkan 45 finalis untuk ajang Puteri Indonesia 2022.

Salah seorang finalisnya, Erviera Syahnaz Maryam Lovienta, Puteri Indonesia mewakili Sumatera Barat. Erviera telah menggagas gerakan I'm With Her, yang mengadvokasi perempuan mendukung sesama kaum hawa untuk saling menginspirasi dan mengedukasi sejak tahun 2020.

"Pada kebanyakan masyarakat berstigma tentang perempuan yaitu perempuan merupakan kaum lemah yang menjadi sasaran kekerasan, akses yang terbatas, diskriminasi, pendidikan rendah dan lain sebagainya. Perempuan seringkali dianggap sebagai manusia lemah dan hanya dianggap sebagai pelengkap saja dan naifnya dianggap sebagai aksesories belaka dalam rumah tangga," kata Erviera Syahnaz Maryam Lovita.

Baca Juga

Ia mengatakan perempuan memacu karier kerap dianggap ambisius karena ditenggarai ingin mengalahkan laki-kali atau para suami. Dan dianggap mempermalukan laki- laki karena dituding mempermalukan harkat, martabat dan derajat laki-laki dalam keluarga.

"Sejatinya, perempuan itu adalah mitra dari laki-laki atau para suami. Ini tantangan perempuan ke depannya yang perlu disikapi secara cerdas dan berkualitas" ucap peraih gelar akademik S-1 dengan dual gelar Bachelor of Arts pada jurusan Public Relations and Project Management pada 2019 ini.

Menyoal perempuan Minangkabau sambung Viera, kedudukan tertinggi perempuan di Minangkabau adalah Bundo Kanduang dan juga dijuluki limpapeh rumah nan gadang.

Kedua label yang melekat bernuansa kehormatan atau suatu mahkota bagai perempuan tidak sertamerta menempatkan perempuan menjadi wanita rumahan sebagai isrti untuk merawat anak-anaknya.

"Perempuan Minang sekarang banyak berkecimpung berposisi pada berbagai sektor usaha atau bisnis. Sebut saja berkarier di bidang kedokteran, kemilitera, jurnalis serta profesi lainnya. Hebatnya, perempuan Minang itu tetap bisa menempatkan dirinya secara bijak sesuai dengan kodratnya," ungkap putri dari pasangan H Ekky Rezal M SE Dt Rajo Mudo dan Hj Elistiani DL SE.

Ayah Erviera, bersuku Parak Panjang berasal dari Sawah Suduk Nagari Salayo Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

Viera—panggilan akrab Erviera ini mengatakan dia memiliki motivasi dengan PPI karena itu adalah impiannya sejak kecil.

"Selain itu, saya juga melihat PPI sebagai platform hebat dimana semua perempuan dari seluruh Indonesia berkumpul untuk saling menginspirasi dan menampilkan kecantikan serta keindahan dari seluruh penjuru Nusantara, dan saya ingin menjadi bagian dari itu," tegas Viera yang sejak usia 17 tahun sudah tinggal sendiri di luar negeri untuk sekolah hingga selesai Master's degree dan sekarang melanjutkan PhD di Cardiff University, UK.

Viera berharap dukungan semangat dan doa masyarakat Sumbar agar dirinya dapat meraih sukses sebagai jawara Puteri Indonesia 2022.

"Jan lupo dukuang ambo yo https://final-vote.puteri-indonesia.com/contestant/sumbar-1," ajaknya.

Untuk diketahui, Erviera Syahnaz Maryam Lovienta biasa dipanggil Viera. Saat ini Viera bekerja sebagai Media Consultant dan juga mahasiswi PhD, memiliki hobi membaca buku dan menonton series/film.

Viera juga aktif diberbagai kegiatan baik di kampus maupun organisasi sosial. Berbagai prestasi membanggakan diraihnya, seperti Dianugerahi Jeffrey Cheah Continuing Scholarship ke Sunway University.

Kemudian penerima Beasiswa Mahasiswa Internasional Universitas Cardiff, Honourable Mention Award dari UNWOMEN (ditugaskan sebagai perwakilan Afrika Selatan) di Asia International Model United Nations Conference 2019.

Terpilih menjadi Marketing Leader di Sunway Klub Komunikasi dan Jaringan (2017 - 2018), Mengepalai Departemen Acara untuk Proyek Kampanye be'YOU'tiful di Sunway University (2018), Skor Tes Bahasa Inggris Duolingo: 145 setara dengan skor IELTS: 8,5.

Komentar