Babinsa 06/KTN Bersama Warga Bangun Jalan Beton

Metro- 14-04-2022 15:00
Babinsa Batang Kabung Ganting, Serka Hefrizal goro bersama warga bangun jalan lingkungan di RT 08/RW 07 Kelurahan Batang Kabung Ganting, Koto Tangah, Kamis siang (14/4). (Foto : Derizon)
Babinsa Batang Kabung Ganting, Serka Hefrizal goro bersama warga bangun jalan lingkungan di RT 08/RW 07 Kelurahan Batang Kabung Ganting, Koto Tangah, Kamis siang (14/4). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Koto Tangah (KTN), Kodim 0312/Padang bersama warga gotong royong mengecor jalan lingkung di RT 08/RW 07 Kelurahan Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah.

"Giat Goro bangun jalan cor beton bersama warga di wilayah binaan kami yang bertempat di RT 08/RW 07," kata Babinsa Kelurahan Batang Kabung Ganting, Serka Hefrizal kepada Arunala.com di sela kegiatan pengecoran jalan lingkung tersebut, Kamis siang (14/4).

Menurut dia, personel Babinsa selalu ada di tengah-tengah masyarakat, memberikan contoh dan teladan yang baik untuk melestarikan budaya gotong royong demi memajukan daerahnya.

Baca Juga

"Seperti yang terlihat pada kegiatan pengecoran jalan di wilayah pemukiman warga di RT 08/RW 07 Kelurahan Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah ini," ucap Serka Hefrizal.

Dia melanjutkan, Babinsa bersama-sama warga nampak akrab dan kompak dalam menyiapkan material campuran serta mengusung bahan cor untuk diratakan, hal tersebut merupakan salah satu bukti nyata kemanunggalan TNI dan Rakyat.

"Keberadaan jalan ini sangat penting bagi masyarakat, selain sebagai akses transportasi penghubung antar desa juga mempermudah warga menuju perkebunan mereka. Pengerjaannya dilakukan secara gotong royong bersama warga, selain menghemat biaya akan lebih mempercepat proses pengerjaannya, karena dilakukan banyak orang," ujar Serka Hefrizal lagi.

Dia menyebutkan, pembuatan jalan cor beton ini dikerjakan lebih kurang 700 meter.

"Manfaat dari pengecoran jalan untuk memudahkan para pengguna jalan yang semula masih berupa tanah dan bebatuan, jika musim hujan licin dan becek, saat ini sudah berupa beton cor dan nantinya memudahkan untuk dilalui guna meningkatkan perekonomian masyakarat," tambahnya.

Sementara itu, Plh Danramil 06/KTN, Kapten Inf Zaimal Candra menyebutkan kedekatan dan kekompakan jajaran Koramil 06 Koto Tangah diwujudkan dalam kegiatan kerja bakti pengecoran jalan.

"Semangat kebersamaan dan gotong-royong terlihat dalam pengecoran jalan. Personil Babinsa tampak menyatu bersama warga desa. Tampak terlihat, menyiapkan material campuran ada juga yang mengusung bahan cor untuk diratakan," kata Zaimal Candra.

Kegiatan tersebut, lanjutnya merupakan salah satu bukti nyata peran Babinsa di tengah masyarakat.

"Mengingat pentingnya akses jalan setapak/rabat beton dalam memudahkan pengguna jalan, pengerjaannya dilaksanakan secara gotong royong. Tujuannya agar pengerjaanya lebih cepat dan menumbuhkan rasa memiliki," ujarnya lagi.

Di sisi lain, Ketua RW 07, Thamrin, menyatakan, masyarakat cukup senang dan sangat mengapresiasi kehadiran personel Babinsa Koramil 06/KTN yang berperan aktif terlibat langsung dalam kegiatan ini.

"Hal ini utamanya meningkatkan pembangunan infrastruktur guna mensejahterakan perekonomian masyarakat," terangnya.

Pembangunan jalan ini telah direncanakan sejak lama, lanjut Thamrin dan sebelumnya, telah diadakan rapat bersama seluruh warga dan hasilnya disepakati untuk melaksanakan pengecoran jalan secara gotong royong.

Komentar