Komisi V DPR RI Tinjau Persiapan Sumbar

Metro- 07-04-2022 17:26
Rombongan anggota Komisi V DPR RI bersama Gubernur Mahyeldi tinjau kondisi infrastruktur kereta api di Stasiun Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis siang (7/4). (Dok : Istimewa)
Rombongan anggota Komisi V DPR RI bersama Gubernur Mahyeldi tinjau kondisi infrastruktur kereta api di Stasiun Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis siang (7/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Komisi V DPR RI Tinjau Persiapan Sumbar

Padang, Arunala -- Sejumlah anggota Komisi V DPR RI, meninjau kesiapan infrastruktur di Sumbar dalam menyambut arus mudik Lebaran tahun 2022 mendatang.

Kehadiran para wakil rakyat tersebut dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik, dan salah satu infrastruktur yang ditinjaunya adalah kondisi infrastruktur kereta api di Stasiun Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau (BIM), pada Kamis siang (7/4).

Baca Juga

Rombongan wakil rakyat ini juga mencoba langsung perjalanan kereta dari BIM menuju Stasiun Duku.

Hadir dalam kunker ke Sumbar, Bambang Hermanto, Ilham Pangestu, dan Cen Sui Lan dari Fraksi Golkar. Juga hadir Ismail Abdullah dan IIS Rosyita Dewi (Fraksi Gerindra), Athari Gauthi Ardi dan Hanna Gayatri (Fraksi PAN,) serta Willem Wendik (Demokrat), dan Irmandi Lubis (PDIP).

Turut hadir dalam Kunker, Dirjen perhubungan udara, perwakilan PT. Angkasa Pura, Dirjen Perkeretaapian, Dirjen Perhungan darat, Dirjen Perhubungan Laut, Perwakilan PT. ASDP, Perwakilan Kementerian PUPR, Perwakilan Kementerian BMKG, dan BASARNAS.

Usai peninjauan, rombongan bersama Gubernur Mahyeldi menggelar rapat di ruang VIP BIM. Dalam rapat, Mahyeldi menyampaikan Pemprov Sumbar telah menginstruksikan untuk menyiapkan sarana dan prasarana transportasi dan terus memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) sesuai dengan ketentuan dari Satgas Covid-19.

"Insya Allah, kami memberikan kesiapan pengamanan transportasi. Saya juga sudah memerintahkan kepada OPD terkait, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan, dan OPD terkait lainnya untuk mempersiapkan bagaimana kelancaran moda transportasi di Sumbar," kata Mahyeldi.

Terkait vaksinasi, sesuai arahan presiden, Mahyeldi juga mengimbau kepada seluruh pemudik untuk melakukan vaksinisasi dosis ketiga atau booster terlebih dahulu.

Dirinya juga menyampaikan harapan dengan kedatangan Anggota Komisi V DPR RI, dapat mendukung serta memfasilitasi proyek Bandara Rokot di Mentawai, pembukaan penerbangan internasional di bandara Minangkabau, serta pelayanan fasilitas embarkasi di Sumbar termasuk penerbangan jamaah haji dan umroh.

"Dengan bantuan dari bapak dan ibu komisi V DPR RI diharapkan pertumbuhan ekonomi Sumbar akan lebih maju lagi di masa yang akan datang," harapnya.

Ketua rombongan anggota Komisi V, Bambang Hermanto, berharap dengan adanya kunker ini, para dirjen yang hadir sudah bisa memahami dan segera menyiapkan fasilitas moda transportasi dan prokes kesehatan.

"Karena itu, saya berharap apa yang sudah disampaikan dalam rapat tadi betul-betul diimplementasikan pada mudik lebaran nantinya," ungkapnya.

Vice President PT KAI Drive II Sumbar, Arie Fathurrochman, saat perjalanan menuju Stasiun Duku menjelaskan, KAI juga terus melakukan upaya perbailan jalur kereta sebagai salah satu upaya meminimalisir kemacetan di Sumbar.

"PT KAI berupaya melakukan revilatasijalur kereta api Padang - Bukittinggi guna mendorong peningkatan mobilitas dan menghindari kemacetan," ujarnya.

Komentar